PERANCANGAN PERILAKU HEWAN LIAR PADA PERMAINAN PETUALANGAN ADAM DAN ERIC MENGGUNAKAN METODE MULTI AGENT

KEMAS MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH

Informasi Dasar

22.04.2857
006
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video game adalah salah satu media hiburan yang mengalami perkembangan pesat. Hampir seluruh lapisan masyarakat dari mulai yang tua, muda sampai dengan anak- anak hobi bermain video game. Jenis Video game sangat banyak contohnya ada Adventure,  Rpg, dll. Game Petualangan Adam dan Eric ini termasuk genre game Adventure, Action dan RPG. Dalam pembuatan game Petualangan Adam dan Eric menggunakan metode Multi agent system dan Finite state machine. Pengembangan karakter hewan liar sebagai non-player character atau NPC. Karakter yang terdapat pada game Petualangan Adam dan Eric yaitu Adam sebagai Player, NPC hewan liar sebagai obstacle permainan, dan NPC Eric sebagai suppoter Adam.

Pada penelitian ini telah dikembangkan sebuah game dengan konsep Adventure RPG yang mana membawa tema teknologi yang berjudul “Petualangan Adam dan Eric”. Rancangan game ini menggunakan tools utama yaitu GameMaker Studio 2. NPC hewan liar di dalam game ini akan berusaha untuk mengalahkan Player. Rancangan perilaku NPC hewan liar menggunakan metode multi agent system dengan empat parameter yaitu Health, Damage, Kecepatan, dan Jarak jangkauan.

Hasil dari penelitian ini player yang bermain game Petualangan Adam dan Eric merasa terhibur dengan persentase sebesar 86,57%. Empat parameter yang digunakan pada NPC hewan liar sudah sesuai dengan tingkat kesulitan yang moderat.

 

Kata Kunci: Video game, Non-Player Character, Multi Agent System

Subjek

GAME
ARTIFICIAL INTELLIGENCE,

Katalog

PERANCANGAN PERILAKU HEWAN LIAR PADA PERMAINAN PETUALANGAN ADAM DAN ERIC MENGGUNAKAN METODE MULTI AGENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEMAS MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Ashri Dinimaharawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini