IMPLEMENTASI ALGORITMA A* UNTUK MEKANISME GERAK PADA PERMAINAN EDUKASI BALLOON SHOOTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

FAWWAZ ABOERUSLAN MUYADI

Informasi Dasar

22.04.2862
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game adalah aktivitas yang memiliki konsep menyenangkan dan bermain. Game memiliki alur, cerita, dan karakter. Setiap karakter yang ada dalam sebuah game pasti memiliki unsur Artificial Intelligence. Contoh penggunaan Artificial Intelligence dalam sebuah game ialah pada NPC. Tujuannya adalah agar NPC memiliki pergerakan yang tidak diatur oleh pemain.

Dalam sebuah game, ada yang bersifat edukatif dan non-edukatif. Game edukatif terkadang memiliki sifat edukatif namun tidak menyenangkan bagi pemain, karena biasanya game edukatif berbentuk seperti quiz. Sebaliknya dengan game non-edukatif, memiliki sifat menyenangkan namun tidak memiliki nilai edukatif sama sekali. Agar bisa memberikan game edukatif yang menyenangkan dan memiliki nilai edukatif, maka perlu membuat game menyenangkan tapi memiliki aturan edukatif. Salah satu cara agar memberikan sifat menyenangkan dalam sebuah game adalah dengan menerapkan Algoritma dalam unsur game, seperti Algoritma A* pada pergerakan sebuah NPC (Non-Playable Characters), agar NPC tersebut mempelajari jalur untuk pergerakannya tanpa bantuan dari pengembang game.

Dengan diterapkan cara ini pada game yang akan dibuat yaitu balloon shooter yang berisikan materi bilangan prima, diharapkan game yang dibuat bisa memberikan tantangan yang tentunya menyenangkan bagi pemain, dan sekaligus mendapat nilai edukatif dalam game tersebut. Penerapan algoritma A* dinilai berhasil, ditandai dengan pergerakan balon yang sesuai dengan jalurnya dan bekerja 100% pada saat pengujian. Adapun pengujian fungsi permainan berdasarkan pengujian alpha dinyatakan berjalan sesuai fungsinya dan pengujian beta berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan dinyatakan valid dan reliable.

Kata Kunci: NPC (Non-Playable Characters), Artificial Intelligence, Game Edukasi, Algoritma A*, Balloon Shooter

 

 

Subjek

GAME
WEB PROGRAMMING,

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORITMA A* UNTUK MEKANISME GERAK PADA PERMAINAN EDUKASI BALLOON SHOOTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAWWAZ ABOERUSLAN MUYADI
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3H3 - KECERDASAN BUATAN
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini