ANALISIS KOMPARASI PERFORMA CONTENT DELIVERY NETWORK (CDN) DALAM IMPLEMENTASI VIDEO ON DEMAND DAN LIVE SERVER BERBASISKAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

RISYAF FAWWAZ PRADIPTA

Informasi Dasar

22.04.2868
004.678 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi jaringan server khususnya web application dengan menggunakan distribusi Content Delivery Network (CDN) dan edge location pada cloud. Terdapat 2 aplikasi yang akan diimplementasikan sebagai parameter pengujian yaitu aplikasi website Video on Demand (VoD) untuk melihat dan menganalisa data berupa video data serta platform komunikasi (communication platform) yang akan diterapkan berbasiskan docker dan container pada cloud untuk melihat dan mengalanisa data berupa file objek.

Fokus penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan komparatif Quality of Service (QoS) antara penggunaan CDN dan tanpa penggunaan CDN yang mana dalam aplikasi VoD akan memiliki arsitektur Infrastructure as a Service (Iaas) dengan 2 master application server dan 1 master database server dalam satu cloud region yang terintegrasi dengan load balancing. Sedangkan pada penerapan aplikasi komunikasi akan memiliki arsitektur Platform as a Service (PaaS) yang hanya memiliki 1 master server dan terintegrasi dengan docker dan container.

Hasil penelitian yang diperoleh pada perbandingan sistem VoD didapatkan bahwa QoS keseluruhan data pada sistem VoD menunjukan kenaikan throughput sebesar 50,4%, kenaikan jitter sebesar 44% dan RTT sebesar 74,8% serta diimbangi kestabilan yang lebih baik. Pada sistem live chat, didapatkan hasil QoS yang menunjukan kenaikan throughput sebesar 99,9%, jitter sebesar 83,6% dan RTT sebesar 50,7%. Oleh karenanya penggunaan CDN terhadap data video streaming maupun data berbentuk file objek terbukti dapat meningkatkan performansi yang lebih baik dan stabil.

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

ANALISIS KOMPARASI PERFORMA CONTENT DELIVERY NETWORK (CDN) DALAM IMPLEMENTASI VIDEO ON DEMAND DAN LIVE SERVER BERBASISKAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISYAF FAWWAZ PRADIPTA
Perorangan
Rendy Munadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4G3 - ADAPTIVE NETWORK
  • TTI4H3 - CLOUD COMPUTING
  • TTI4D3 - REKAYASA JARINGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini