DESAIN DAN IMPLEMENTASI MONITORING DAN CONTROLING PANEL POMPA 3 PHASE BERBASIS IOT STUDI KASUS PERUMDAM KABUPATEN MADIUN

AHMAD RIF`A AL-MUTTAQI

Informasi Dasar

22.04.2878
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air adalah sumber kehidupan yang paling penting untuk manusia. Pemerintah menyediakan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, maka PERUMDAM menggunakan pompa listrik yang sudah dilengkapi oleh proteksi kerusakan. Namun, untuk mengontrol pompa listrik saat ini masih bersifat analog sehingga masih membutuhkan pemantauan secara rutin oleh para petugas PERUMDAM.
Pada Tugas Akhir (TA) ini, diajukan penyelesaian masalah tersebut dengan membuat rancangan dan implementasi Panel Pompa berbasis IoT. Alat ini dibuat dengan sensor Optocoupler, Power Meter, nodeMCU ESP8266, dan Solid State Relay (SSR) sebagai aktuator yang terhubung langsung dengan real-time database untuk mengontrol dan memonitor panel pompa tersebut secara real-time. Diharapkan dengan adanya alat ini dapat memudahkan para petugas PERUMDAM dalam memantau semua pompa air yang ada.
Pada pengujian, data yang didapatkan dari Panel Pompa IoT terbagi menjadi dua. Data dari sensor Optocoupler untuk memonitor sensor yang ada pada panel pompa analog, serta data pada Power Meter berupa nilai dari tegangan 3 phase, arus 3 phase, frekuensi, dan power factor. Dari data arus dan tegangan kita akan mendapatkan data daya (kWh) yang digunakan oleh panel pompa analog.
Pengujian controlling dengan tujuan mengganti mode analog dan otomatis pada panel pompa analog, serta menghidupkan dan mematikan pompa air dapat dilakukan secara real-time dengan baik.
Kata Kunci: IoT, Panel pompa, PERUMDAM, Smart water management

Subjek

IOT ENABLED SMART SENSING
Control devices-electrical engineering,

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI MONITORING DAN CONTROLING PANEL POMPA 3 PHASE BERBASIS IOT STUDI KASUS PERUMDAM KABUPATEN MADIUN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD RIF`A AL-MUTTAQI
Perorangan
Umar Ali Ahmad, Jati Satria Wicaksana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4E3 - INTERNET OF THINGS
  • TKI4N3 - SISTEM TERTANAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini