PERANCANGAN JARINGAN LAST MILE BERBASIS GPON DI KECAMATAN CIWIDEY JAWA BARAT

KINDI ALFITRANDY

Informasi Dasar

22.04.2881
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi jarak jauh merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan layanan internet yang penting bagi umat manusia di zaman ini. Layanan yang dibutuhkan tidak hanya audio saja tetapi video dan data dengan bandwidth yang tinggi. Teknologi Long Term Evolution merupakan standar teknologi transmisi data nirkabel berkecepatan tinggi untuk komunikasi berdasarkan perkembangan teknologi GSMEDGE dan UMTSHSPA. Pemerataan jaringan 4G/LTE diperlukan untuk wilayah yang berpotensi menjadi pusat wisata yang besar seperti objek wisata alam, kuliner dan instansi pendidikan serta kantor pemerintahan di kecamatan Ciwidey.

Perancangan jaringan last mile dengan metode desktop studi yang menggunakan perangkat Optical Network Unit pada EnodeB dan Optical Network Terminal untuk instansi pendidikan dan tempat wisata yang menggunakan teknologi GPON sesuai dengan standar ITU-T G.984 dimana mampu mengirimkan data hingga 2,488 Gbps untuk downstream dan 1,244 Gbps untuk upstream.

Hasil simulasi pada perancangan ini dapat mendukung layanan  internet di kecamatan Ciwidey, dengan bit error rate downstream link akses eNodeB nilai terburuk sebesar 1,90 x 10-10  sedangkan upstream link akses eNodeB nilai terburuk dengan bit error rate sebesar 1,95 x 10-12 .  Downstream link akses ONT ke sekolah nilai terburuk dengan bit error rate  9,81 x 10-9  sedangkan upstream link akses ONT sekolah dengan bit error rate 1,08 x 10-9 .

 

Kata kunci : Long Term Evolution, GPON, Bit Error Rate  

Subjek

Optical fiber communications
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN LAST MILE BERBASIS GPON DI KECAMATAN CIWIDEY JAWA BARAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KINDI ALFITRANDY
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, MUHAMMAD IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini