SISTEM REKOMENDASI PENYEDIAAN STOK BARANG BERDASARKAN ANGGARAN PADA STUDI KASUS TOKO UD RAHMAT YH BANDA ACEH

MUHAMMAD YUSUF ML

Informasi Dasar

22.04.2884
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah tulang punggung bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Jasa ini bergerak pada banyak bidang, diantaranya kuliner, jasa pengiriman, transportasi, distributor barang, dan lain-lain. UD Rahmat YH Banda Aceh adalah salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang perdagangan, dimana penjualannya terpusat pada kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan kebutuhan konsumsi rumah tangga. Karena sudah berdiri sejak lama, unit usaha ini memiliki banyak pelanggan dari berbagai kalangan, namun proses penjualan masih menggunakan metode konvensional, sehingga sering terjadi kesalahan seperti transaksi yang tidak terdokumentasi, kesulitan untuk mengontrol barang masuk, dan pemesanan barang hanya mengandalkan ingatan serta pengelihatan pihak yang sedang menjaga toko.

Aplikasi Rekomendasi Stok UD Rahmat YH dibuat untuk menjawab tantang yang terjadi diatas, aplikasi ini akan dibuat dari data yang dikumpulkan dari pemilik, pegawai, dan pelanggan toko. Metode yang digunakan dalam pembuatan adalah UML, bahasa yang digunakan adalah PHP, MySQL,dan HTML. Metode pengujiannya adalah Black-Box Testing. Rekomendasi barang akan menggunakan metode Fuzzy pada Variabel Stok, Keuntungan, dan Total Penjualan untuk mendapatkan urutan prioritas dalam pemesanan barang.

Aplikasi rekomendasi stok dibuat dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan toko. Aplikasi ini sudah diuji setiap fungsi serta fiturnya dengan responden yang sesuai, dengan jawaban mayoritas setuju jikalau aplikasi ini telah menjawab persoalan yang terjadi pada UD Rahmat YH. Aplikasi ini mampu memberikan rekomendasi berdasarkan variabel Jumlah Penjualan, Keuntungan dan Stok yang ada sehingga membuat manajemen stok dan pemesanan barang­ menjadi lebih efisien.

 

Kata Kunci: UMKM, Aplikasi, Rekomendasi, Stok, UD Rahmat YH.

Subjek

PROGAMMING WEB
 

Katalog

SISTEM REKOMENDASI PENYEDIAAN STOK BARANG BERDASARKAN ANGGARAN PADA STUDI KASUS TOKO UD RAHMAT YH BANDA ACEH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YUSUF ML
Perorangan
Fairuz Azmi, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • CEH3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEH3I3 - KECERDASAN BUATAN B
  • CEH2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK B

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini