PEMANTAUAN KETINGGIAN AIR SUNGAI BERBASIS APLIKASI MOBILE

SATYA YUDA PURNAMA

Informasi Dasar

22.04.2885
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

             Pada masa sekarang, proses sosialisasi dan edukasi mengenai berbagai macam bencana alam sangat dipermudah melalui teknologi komunikasi dan informasi. Dengan kecanggihan yang terus berkembang seiring berjalannya waktu, bencana alam yang termasuk bencana banjir dapat diprediksi sebelum terjadi dan dikomunikasikan kepada masyarakat sekitar.

            Bahkan sebelum banjir berpotensi terjadi , masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan mempelajari apa saja yang perlu dilakukan bila kenaikan debit air sungai tersebut semakin tinggi. Untuk mengatasi permasalahan ini dapat dibuat aplikasi pendeteksi ketinggian  air sungai berbasis aplikasi mobile yang dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk warga sekitar sungai. Maka dengan menggunakan mobile apilication, masyarakat dapat mengetahui lebih dini jika beresiko terjadinya banjir melalui peringatan dari notifikasi handphone. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam megetahui ketinggian air sehingga masyarakat sekitar sungai dapat lebih waspada. Tentunya didukung dengan kesadaran warga sekitar untuk tidak membuat sampah pada sungai.

            Penelitian ini menghasilkan tampilan antarmuka aplikasi android pemantauan ketinggian air sungai. Front-end aplikasi dibangun menggunakan Flutter.  Metode penelitian yang digunakan yaitu Waterfall.Tahapan pengujian aplikasi yang  akan dilakukan yaitu pengujian alpha dan beta. Pada pengujian alpha menujukan  semua fitur berhasil dijalankan.Pengujian beta menggunakan uji validitas  menujukan semua butir soal bernilai valid. Seluruh butir soal bernilai sangat reliable setelah dilakukan pengujian kepada responden pengguna dengan r11 0,876. 2.Pada pengujian peta lokasi dan prakiraan cuaca pada aplikasi menampilkan kecocokan data yang sesuai, dengan peta lokasi menunjukkan lokasi pengujian dan prakiraan cuaca menunjukkan data iklim cuaca secara benar.Ada juga pengujian kecocokan data, data yang ditampilkan akurat seperti yang diterima oleh firebase.Pada pengujian latensi, didapatkan latensi antara 34ms – 159ms, rata – rata yang didapat selama pengujian 7 hari adalah 84,42ms.

Subjek

MOBILE APPLICATION
ARCHITECTURE DESIGN,

Katalog

PEMANTAUAN KETINGGIAN AIR SUNGAI BERBASIS APLIKASI MOBILE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATYA YUDA PURNAMA
Perorangan
Randy Erfa Saputra, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini