APLIKASI PENGENALAN BENTUK DAN WARNA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK PENDERITA TUNARUNGU BERBASIS AUGMENTED REALITY

MUHAMMAD ALFI FALAN

Informasi Dasar

22.04.2895
006.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, dari sejak kecil kita diajarkan tentang banyak hal melalui orang tua hingga pendidikan formal. Salah satu pembelajaran yang biasa diterapkan pada anak ialah mengenai bentuk dan warna dalam bahasa inggris. Pada umumnya untuk anak normal tentu akan mudah dalam memahami materi yang diberikan, namun berbeda bagi anak penderita tunarungu.

Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi untuk anak tunarungu belajar bentuk dan warna dalam bahasa inggris dengan menggunakan metode Gamifikasi dan Sintaksis Kata Penuh. Sebagai pembantu pembelajaran, di dalam aplikasi juga terdapat flashcard yang berisikan gambar bahasa isyarat dari American Sign Language (ASL) serta Teknologi Augmented Reality yang bertujuan untuk menampilkan informasi berupa animasi 3D.

Hasil penelitian ini pada pengujian tingkat akurasi pada  Augmented Reality dari ketiga jarak didapat bahwa tingkat akurasi paling baik berada pada jarak 50 cm dengan sudut 60sebesar 93,3%. Pada pengujian Quality of Serive (QoS) untuk parameter throughput dan latency nilai terbesar berada pada beban pengguna sebanyak 1000 user dan 1150 user, dan terkecil 1150 user dan 1000 user serta tidak adanya Packet Loss. Pada pengujian user didapatkan peningkatan sebesar 37,14% dari Pre-test dan Post-test.

Kata kunci— Pendidikan, Tunarungu,  Augmented Reality

Subjek

virtual reality
APPLICATION PROGRAMS,

Katalog

APLIKASI PENGENALAN BENTUK DAN WARNA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK PENDERITA TUNARUNGU BERBASIS AUGMENTED REALITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ALFI FALAN
Perorangan
Ahmad Tri Hanuranto, Retno Hendryanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini