ANALISIS PENGARUH JUMLAH KONTEN DAN NODE DENGAN CACHE REPLACEMENT LRU PADA VIRTUAL NODE NDN

MUHAMMAD NANDALIYAN RAIS AL AZIZI

Informasi Dasar

22.04.2897
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Network (NDN) adalah arsitektur jaringan baru yang mampu menggantikan model komunikasi yang bersifat host-centric menjadi data-centric. NDN memiliki sebuah penyimpanan sementara yang mampu menyimpan salinan data yaitu cache. Untuk mendukung proses penyimpanan cache terdapat beberapa teknik caching, salah satunya adalah cache replacement yang merupakan teknik penggantian konten apabila penyimpanan cache telah penuh. Dalam NDN terdapat dua jenis paket yang mewakili proses pengiriman konten, yaitu interest packet dan data packet.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian tentang pengaruh dari perubahan konten dan node dengan cache replacement LRU pada virtual node NDN.  Penelitian dilakukan dengan melakukan perubahan jumlah konten dan node secara berkala yang selanjutnya dilakukan analisis berdasarkan parameter Cache Hit Ratio (CHR) dan Round Trip Time (RTT).

Hasil analisis berdasarkan beberapa skenario perubahan jumlah konten dan node secara berkala terbukti dapat mempengaruhi nilai dari CHR dan RTT yang dihasilkan. Jumlah konten yang semakin banyak memberi dampak penurunan nilai CHR dan peningkatan nilai RTT. Sedangkan jumlah node yang semakin banyak memberi dampak peningkatan nilai RTT tetapi tidak ada dampak yang terlalu signifikan terhadap nilai CHR yang dihasilkan.

Subjek

COMMUNICATION NETWORKS
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH JUMLAH KONTEN DAN NODE DENGAN CACHE REPLACEMENT LRU PADA VIRTUAL NODE NDN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NANDALIYAN RAIS AL AZIZI
Perorangan
RIDHA MULDINA NEGARA, LEANNA VIDYA YOVITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTH3C3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI4C3 - SOFTWARE DEFINED NETWORK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini