ANALISIS KINERJA ALGORITMA ALOKASI SUMBER DAYA BERBASIS SIMPLE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK SISTEM KOMUNIKASI DEVICE TO DEVICE

MUHAMAD ARUNG MAWADJI RIDHO ROBIYANTOKO

Informasi Dasar

22.04.2904
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan komunikasi seluler terus meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat, hal itu menyebabkan terjadinya beban trafik pada evolved Node B (eNB) yang disebabkan oleh banyaknya pengguna jaringan. Komunikasi Device to Device (D2D) menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi, pada komunikasi D2D device dapat saling berkomunikasi secara langsung tanpa melalui eNB. Dalam komunikasi D2D menggunakan spektrum yang sama dengan Celluler User Equipment (CUE) yang dapat meningkatkan efisiensi antar CUE namun dapat menyebabkan interferensi antar ke dua user maka dari itu untuk mengurangi interferensi yang terjadi antara Cellular User Equipment (CUE) dan D2D user Equipment (DUE) dengan mengalokasikan sumber daya secara tepat.

Pada penelitian ini, melakukan pengalokasian resource untuk mengatasi masalah interferensi dengan menggunakan algoritma Simple Particle Swarm Optimization (SPSO) dan algoritma Greedy sebagai pembanding untuk mengetahui nilai dari parameter kinerja, dengan menggunakan model sistem sel tunggal dan komunikasi arah uplink. Dalam penelitian ini menggunakan skenario terhadap proses iterasi pada algoritma SPSO, iterasi yang digunakan yaitu 30, 50 dan 200.

Berdasarkan hasil dari skenario yang telah digunakan, algoritma SPSO mampu memberikan parameter kinerja yang baik dibandingkan dengan algoritma Greedy pada iterasi 200, algoritma SPSO menghasilkan parameter kinerja terbaik dengan nilai sumrate 1, 3310 × 108 bps dengan selisih 0, 01% dari algoritma Greedy yaitu 1, 3211 × 108 bps, efisiensi spektral 12, 3239 bps/Hz dengan selisih 0.09% dari algoritma Greedy yaitu 12, 2328 bps/Hz, efisiensi daya 2, 1285 × 103 bps/mWatt dengan selisih 0.02% dari algoritma Greedy yaitu 2, 1125 × 103 bps/mWatt, untuk nilai fairness pada iterasi 200 algoritma Greedy memiliki kinerja yang lebih baik yaitu di 0, 91% untuk fairness CUE , 0, 99% untuk fairness D2D dan 0, 92% untuk fairness total.

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

ANALISIS KINERJA ALGORITMA ALOKASI SUMBER DAYA BERBASIS SIMPLE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK SISTEM KOMUNIKASI DEVICE TO DEVICE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ARUNG MAWADJI RIDHO ROBIYANTOKO
Perorangan
Nachwan Mufti Adriansyah, Vinsensius Sigit Widhi Prabowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTH3I3 - ELEKTRONIKA TELEKOMUNIKASI
  • TTI4A3 - KOMUNIKASI AKSES WIRELESS
  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TTH3A4 - SISTEM KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini