Monitoring Log Menggunakan Elasticsearch Pada Honeypot Berbasis Kontainer

FARHAN ALDI NAUFAL

Informasi Dasar

22.04.2910
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam istilah komputer, Honeypot merupakan sebuah metode mekanisme keamanan untuk mendeteksi, menghadang, atau dalam beberapa cara mampu melawan aksi yang tidak sah pada komputer. Honeypot termasuk dalam kategori intrusion prevention system (IPS) yang banyak digunakan pada komputer guna mengamankan komputer tersebut. Honeypot dapat membantu dalam mempelajari cara penyerang melakukan serangan karena di dalam Honeypot di bisa mengetahui apa saja yang di lakukan penyerang untuk melakukan serangan. Dari semua kemampuan Honeypot itu, Honeypot memiliki satu kekurangan dimana User Interface yang kurang kurang ramah untuk manusia, tidak ada penjelasan total jumlah Log yang masuk, serta tidak ada waktu dan tanggal Log tersebut diterima.

Oleh karena itu pada Tugas Akhir ini ingin mencoba menggunakan aplikasi Elasticsearch dan Kibana untuk membuat hasil dari rekaman Honeypot tersebut lebih ramah bagi pengguna. Dengan menggunakan Elasticsearch sebagai mesin database dan Kibana sebagai aplikasi untuk menampilkan hasil dari Elasticsearch tersebut. Maka dapat membuat data hasil Honeypot lebih mudah untuk di baca dan dapat di simpan oleh pengguna, sehingga mampu mempermudah dalam menggunakan Honeypot tersebut. Pengujian Dilakukan dengan melakukan serangan siber terhadap honeypot,  membandingkan hasil Log dari serangan tersebut, serta menganalisa resource server yang di gunakan ketika terjadi serangan.

Hasil Pengujian dapat disimpulkan Elasticsearch mampu menerima semua data Log dari Honeypot. Dimana hasil perbandingan data Log yang ada pada honeypot sama persis dengan yang ada pada Kibana. Dan dari analisa resource server didapatkan bahwa penggunaan Elasticsearch untuk membantu monitoring Log membebani server karena Elasticsearch menggunakan banyak resource server. Elasticsearch menggunakan hingga 86% resource server. Dimana hanya 17% penggunaan resource jika Honeypot berjalan tanpa Elasticsearch.

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

Monitoring Log Menggunakan Elasticsearch Pada Honeypot Berbasis Kontainer
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN ALDI NAUFAL
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Favian Dewanta
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4E3 - CYBER SECURITY

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini