Bauran pemasaran yaitu suatu alat yang digunakan oleh perusahaan atau
company yang merupakan gabungan dari beberapa alat pemasaran. Indikator atau
komponen dari bauran pemasaran adalah product, price, place, promotion, physical
evidence, people, dan process. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian
pada Kalih Coffee Tea and Spaces yang berlokasi di Jl. Pungkuran No.4,
RT.003/RW.004, Kel. Sokanegara, Kec. Purwokerto Timur, Kab. Banyumas. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran (marketing
mix) yang terdiri dari 7 P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat),
promotion (promosi), physical evidence (bukti fisik), people (orang), dan process
(proses) pada Kalih Coffe Tea and Spaces.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data
dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Perusahaan melaksanakan
strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix, untuk mencapai tujuan
perusahaan yang di dalamnya meliputi dimana ke-tujuh indikator tersebut dapat
berpengaruh terhadap kesuksesan coffee shop tersebut dalam mencapai laba atau omzet
yang ditargetkan dan mampu bersaing dengan coffee shop lain khususnya di Kawasan
Purwokerto Timur.
Berdasarkan hasil analisis bauran pemasaran yang diterapkan Kalih Coffee Tea
and Spaces berdasarkan hasil wawancara dan observasi, aspek bauran pemasaran yang
berpengaruh terdapat pada aspek product. Product (produk) yang tersedia di Kalih
Coffee Tea and Spaces terdiri dari makanan berat, snack ?dan minuman yang beragam.
Pada waktu-waktu tertentu Kalih Coffee Tea and Spaces mengeluarkan menu produk
special yang dinamakan menu LTO (limited time order). Produk yang banyak diminati
oleh konsumen di Kalih Coffee Tea and Spaces yaitu kopi susu gula aren, mocktail ?dan
nasi goreng. Dalam pengembangan produk Kalih Coffee Tea and Spaces menargetkan
selalu menambahkan menu baru di setiap bulannya.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran; Coffee Shop; Pemasaran