PENGEMBANGAN PRODUK S-LUCY (SMART LIGHT ULTIMATE CONTROL BY WEBSITE) UNTUK SMART PLUG DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ARUS ACS712

ADINDA FEBRIYANA NOORSAID

Informasi Dasar

22.04.2912
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era yang terus berkembang seperti ini, membuat capaian  konsumsi listrik terus bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan banyaknya pelanggan besar atas kebutuhan listrik di Indonesia. Selain itu banyaknya kegiatan masyarakat yang harus dilakukan di rumah akhir-akhir ini dikarenakan adanya pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 cukup mempengaruhi realisasi konsumsi dan produksi listrik di Indonesia salah satu kebutuhan listrik terbesar ada di sektor rumah tangga, sepanjang tahun lalu yang mengakibatkan pemborosan listrik dan berdampak pada pemanasan global, berkurangnya cadangan tenaga listrik untuk masa depan.

Pada Tugas Akhir ini fokus untuk mengurangi penggunaan energi listrik secara berlebihan dengan membuat suatu produk, yaitu S-LUCY. S-LUCY merupakan singkatan dari Smart Light Ultimate Control by website. Produk ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things agar dapat dikontrol secara otomatis menggunakan website untuk memudahkan masyarakat.

Smart plug S-LUCY dilengkapi beberapa fitur, yaitu dapat mengontrol on/off, set timer, dan set schedule sesuai yang pengguna inginkan melalui website yang dapat diakses melalui smartphone, komputer atau perangkat lainnya dengan akses internet. Pembuatan produk ini menggunakan NodeMCU sebagai tempat pemrograman dipasang. Pengguna akan mendapatkan informasi terkait nilai arus yang dihasilkan oleh beban energi listrik dari alat elektronik yang digunakan dengan menggunakan sensor arus acs712.

Kata Kunci: Konsumsi Listrik, S-LUCY, NodeMCU 8266, Internet of Things, Smart plug, Sensor Arus ACS712

Subjek

INTERNET OF THINGS
SENSOR,

Katalog

PENGEMBANGAN PRODUK S-LUCY (SMART LIGHT ULTIMATE CONTROL BY WEBSITE) UNTUK SMART PLUG DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ARUS ACS712
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADINDA FEBRIYANA NOORSAID
Perorangan
Nyoman Bogi Aditya Karna, Arif Indra Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini