IMPLEMENTASI ALGORITMA ROUTING OSPF PADA SOFTWARE DEFINED NETWORK BERBASIS P4

AGNESIA INDRYANY MANGOPO

Informasi Dasar

22.04.2916
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, kebutuhan masyarakat yang harus terhubung dengan internet. Mulai dari masyarakat yang harus melakukan seluruh aktivitas yang biasanya berada diluar rumah, sekarang harus melakukannya dirumah dengan menggunakan virtual meeting. Semua aktivitas masyarakat tersebut memberikan banyak permasalahan pada jaringan konvensional yang mengharuskan network engineer mengkonfigurasi secara individual pada setiap perangkat jaringan.

Salah satu permasalahan yang ditemukan yaitu pada pembebanan trafik pada jaringan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan penggunaan routing OSPF Loop Free Alternate pada P4. P4 (Programming Protocol-independent Packet Processors) sebuah bahasa pemrograman yang bersifat statically-typed dimana program yang dapat ditulis oleh P4 dan menetukan bagaimana pipelines pada switch bekerja dan bagaimana paket dapat diproses.

Dalam tugas akhir ini telah dilakukan simulasi dan analisis routing pada programmable network infrastructure yang berbasis P4 language. Pada routing OSPF LFA dan routing IP fast menggunakan P4, diperoleh nilai rata-rata dari QoS pada skenario 1 Throughput routing IP fast 2,93 Mbps dan routing OSPF LFA 3,07 Mbps, untuk Delay routing IP fast 0,42ms dan routing OSPF LFA 0,10ms, untuk Jitter routing IP fast 0,219ms dan routing OSPF LFA 0,0231ms dan untuk packet loss routing IP fast dan routing OSPF LFA 0% dan pada skenario 2 Throughput routing IP fast 2,83 Mbps dan routing OSPF LFA 2,95 Mbps, untuk Delay routing IP fast 0,013ms dan routing OSPF LFA 0,011ms, untuk Jitter routing IP fast 0,237ms dan routing OSPF LFA 0,0228ms dan untuk packet loss routing IP fast dan routing OSPF LFA 0%

Kata Kunci : P4, Open Shortest Path First, Software Defined Network

Subjek

NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORITMA ROUTING OSPF PADA SOFTWARE DEFINED NETWORK BERBASIS P4
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGNESIA INDRYANY MANGOPO
Perorangan
Ridha Muldina Negara, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini