PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK PROSES VALIDASI DATA ODP TEKNISI BGES

ABID GHUFRAN RAMADHAN

Informasi Dasar

22.06.182
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Seiring berjalannya waktu, Telkom Akses terus berkembang salah satunya dalam validasi data. Semakin banyaknya data maka semakin sulit memvalidkan data tersebut. Beberapa Teknisi diberbagai bidang membutuhkan sistem yang bisa memvalidkan data yang masuk ke bidangnya, seperti Teknisi Provisioning, Teknisi Assurance, Teknisi Maintenance, dan Teknisi BGES. Oleh karena itu dengan adanya bot telegram ini diharapkan mempermudah pekerjaan teknisi-teknisi yang bekerja terutama untuk teknisi BGES. Bot Telegram atau robot telegram merupakan sebuah akun telegram khusus yang didesain dapat merespon pesan secara otomatis, yang tidak memerlukan nomor telepon tambahan.
Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan perancangan bot telegram teknisi BGES agar tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui perkembangan yang terjadi dilapangan saat teknisi melakukan pekerjaan. Saat teknisi mengetahui penyebab permasalahan terhadap pelanggan, lalu teknisi mengirim pesan di telegram kepada bot telegram, setelah itu pesan dari bot telegram akan masuk otomatis di google spreadsheet. Di google spreadsheet tersebut tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui permasalahan pada pelanggan tersebut. Kemudian setelah selesai teknisi akan mengirim pesan ke bot telegram berupa solusi permasalahan dan kemudian tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui perkembangan dan solusinya.  
Hasil pengujian fungsional dari bot telegram memiliki tingkat keberhasilan 100%. Hasil pengujian performansi dengan mengukur respond time dari bot didapatkan hasil rata-rata respon time keseluruhan sebanyak 1,23 detik. Hasil kuesioner yang telah di isi oleh teknisi, tim leader, dan admin atau helpdesk menyatakan bahwa merasa puas 100% akan kinerja bot telegram.

Subjek

APPLICATION PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK PROSES VALIDASI DATA ODP TEKNISI BGES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABID GHUFRAN RAMADHAN
Perorangan
Suci Aulia, Randany Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini