SMART TRAFFIC MONITORING & CONTROL DENGAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

GRACE NITA LAANANILA

Informasi Dasar

22.06.191
006.3
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Lampu lalu lintas merupakan bagian yang sangat penting untuk sarana transportasi darat, khususnya di kota-kota besar. Bertambahnya jumlah kendaraan saat ini menyebabkan meningkatnya kepadatan di jalan raya sehingga dapat menimbulkan kemacetan. Kepadatan lalu lintas biasanya teralokasi di beberapa titik- titik tertentu di ruas jalan, salah satunya di persimpangan. Saat ini lalu lintas di persimpangan jalan diatur oleh lampu lalu lintas menggunakan sistem prediksi kepadatan lalu lintas. Sistem prediksi ini nantinya akan menentukan lama aktifnya lampu hijau dan lampu merah di setiap persimpangan.

Untuk itu Proyek Akhir ini merancang sebuat sistem monitoring & Controlling lampu lalu lintas otomatis berdasarkan pengolahan citra digital. Dimana sistem ini dapat mendeteksi kendaraan roda empat atau lebih sehingga dapat mengetahui kepadatan pada suatu ruas jalan. Arduino berfungsi sebagai pengatur durasi lampu lalu lintas berdasarkan output dari matlab yang sudah melakukan pendeteksian objek kendaraan roda empat atau lebih.

Pada Proyek Akhir ini diusulkan sistem yang dapat membaca jumlah kendaraan roda empat atau lebih yang terdeteksi sehingga dapat ditampilkan pada serial monitor arduino. Pada arduino dapat melakukan controlling lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan ruas jalan yang terdeteksi. Sistem mampu bekerja dengan cukup baik dimana memiliki nilai rata-rata akurasi sebesar 80%. Sistem dapat digunakan paling maksimal pada saat kondisi cerah seperti pagi, siang dan sore di ruas jalan persimpangan dengan kondisi renggang ataupun padat. Sistem dapat membaca jumlah kendaraan roda empat atau lebih yang terdeteksi sehingga dapat ditampilkan pada serial monitor di arduino.

 

Kata kunci : Lampu Lalu Lintas, Kendaraan, Kepadatan, Pengolahan Citra Digital, Arduino.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
IMAGE PROCEESING,

Katalog

SMART TRAFFIC MONITORING & CONTROL DENGAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRACE NITA LAANANILA
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini