PERANCANGAN SNEAKERS DENGAN KONSEP ECO-DESIGN MENGGUNAKAN MATERIAL M-TEX KULIT KOPI KHUSUSNYA BAGIAN UPPER ( STUDI KASUS SEPATU SNEAKERS MILIK PT NOKHA INTERNASIONAL GROUP )

APRILLIANTI CHAERUNISSA MILAWATI

Informasi Dasar

22.04.2926
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sneakers merupakan sepatu yang nyaman saat digunakan dan memiliki desain beragam, menjadi alasan meningkatnya minat sneakers dan juga kebutuhan material, seperti bagian upper. Material upper yang sering digunakan adalah kulit sintetis. Meningkatnya kebutuhan berdampak juga terhadap lingkungan, seperti menghasilkan emisi CO2 yang dihasilkan dari pengolahan material. Perlu adanya inovasi untuk meminimalkan kerusakan lingkungan, yaitu menerapkan konsep eco-design. Dengan menggunakan material alternatif ramah lingkungan. Seperti menggunakan material M-Tex dari fermentasi limbah kulit kopi. Maka perancangan sneakers ini mengimplementasikan material M-Tex dan mengombinasikannya dengan kulit sintetis, dan diaplikasikan pada upper. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologi dan studi kasus bersifat deskripsi. Dan menggunakan mind mapping dan moodboard untuk konsep perancangan, dan Perancangan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan inovasi baru untuk produsen agar menjadikannya sebagai alternatif pada upper sneakers. Dan dapat menjadi mediasi agar produsen sepatu maupun masyarakat sadar akan keberlangsungan lingkungan dan menjadi tren baru di dunia fesyen

Kata kunci: Sneakers, Material M-Tex, Eco-design.

Subjek

PRODUCT DESIGN
MATERIALS, MANUFACTURE INDUSTRY,

Katalog

PERANCANGAN SNEAKERS DENGAN KONSEP ECO-DESIGN MENGGUNAKAN MATERIAL M-TEX KULIT KOPI KHUSUSNYA BAGIAN UPPER ( STUDI KASUS SEPATU SNEAKERS MILIK PT NOKHA INTERNASIONAL GROUP )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

APRILLIANTI CHAERUNISSA MILAWATI
Perorangan
SHEILA ANDITA PUTRI, HARDY ADILUHUNG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PDG4P6 - TUGAS AKHIR
  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR
  • C1H4A6 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini