ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PADA UMKM MISS KEREMES TAHUN 2022

APRILLIA DWI AZHARI

Informasi Dasar

90 kali
22.06.202
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sosial media Instagram banyak digunakan masyarakat sehingga mempunyai peluang besar untuk UMKM dalam berwirausaha. UMKM Miss Keremes menggunakan media sosial Instagram untuk berkomunikasi dengan audience, salah satunya melalui konten pemasaran. Namun, Instagram @misskeremes masih belum berjalan dengan baik karena jarang membuat dan menunggah konten pemasaran, sehingga berdampak pada rendahnya online engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran di UMKM Miss Keremes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif aktif, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Sumber data penelitian dipilih menggunakan purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian dengan konsep teori komunikasi pemasaran (perencanaan, penerapan, dan evaluasi) menunjukan bahwa dengan menggunakan fitur Instagram Feeds, Story, Reels dan memaksimalkan copywriting dengan tagar dan lokasi yang relevan akan dapat meningkatkan jangkauan, keterikatan, dan pengikut. Konten Reels banyak disukai pada bulan Januari, Maret, April, Mei, dan Juni. Sedangkan, konten Feeds disukai pada bulan Desember dan Febuari. Pengikut Instagram @misskeremes mengalami kenaikan sebesar 30 akun dan engagement rate meningkat menjadi 2.14%.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Konten Pemasaran, Online Engagement?

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
Marketing - business,

Katalog

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PADA UMKM MISS KEREMES TAHUN 2022
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

APRILLIA DWI AZHARI
Perorangan
Rennyta Yusiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VPI3C3 - KOMUNIKASI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini