PENGELOMPOKAN TRANSAKSI PELANGGAN KARTU KREDIT MENGGUNAKAN ALGORITMA CLUSTERING K-MEANS

BAMBANG ARY NUGROHO

Informasi Dasar

22.06.208
006.31
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Di era digital ini, data menjadi inti dalam kelangsungan sebuah bisnis. Kebutuhan akan praktisi data semakin tinggi dalam industri saat ini. Data sendiri akan bisa menjadi informasi yang berguna apabila dilakukan pemrosesan data. Manusia dihadapkan pada melimpahnya data yang bisa didapatkan tanpa menguasai kemampuan untuk ekstraksi informasi di dalamnya. Dengan menggunakan data science dan algoritma Machine Learning, perusahaan dapat mengolah data dan memberikan nilai yang lebih untukkeperluan strategi bisnis. Salah satu contoh hasil pengolahan data dalam bisnis yaitu dengan membuat segmentasi pelanggan, segmentasi pelanggan bermanfaat untuk mengenali dan memfilter pelanggan dengan data yang ditentukan. Analisis dari segmentasi mampu memberikan alokasi target pasar yang lebih efektif, strategi marketing atau promosi yang lebih akurat, dan masih banyak lagi. Karena segmentasi bertujuan untuk memisahkan pelanggan ke beberapa grup atau cluster maka algoritma clustering dapat digunakan.

Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan pengelompokan data pelanggan kartu kredit menggunakan algoritma K-Means, untuk menentukan jumlah cluster yang optimal, digunakan 2 metrik yaitu metode elbow dan shilhouette score untuk memberika kurva yang memperlihatkan jumlah cluster yang optimal untuk digunakan pada data. Principal Component Analysis (PCA) adalah metrik yang akan digunakan pada Proyek Akhir ini untuk me-reduksi dimensi data menjadi 2 pricipal component yang memiliki nilai varians tertinggi, PCA 1 dengan 28% dan PCA 2 dengan 23%, jika dijumlahkan makan menjadi 51% dari 100% data.

Setelah dilakukan data preprocessing dan features selection, dari 18 features dan 8950 records yang terdapat pada data pelanggan kartu kredit, hanya akan digunakan 14 features saja untuk proses modeling, metode elbow dan shilhouette score memberikan hasil bahwa dengan 14 features yang digunakan menghasilkan jumlah cluster yang optimal adalah sebanyak 2 cluster, hasil pengelompokan akan dibuat dalam visualisasi histogram dan scatter plot untuk mempermudah analisis pada setiap cluster

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

PENGELOMPOKAN TRANSAKSI PELANGGAN KARTU KREDIT MENGGUNAKAN ALGORITMA CLUSTERING K-MEANS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAMBANG ARY NUGROHO
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Aldo Lionel Saonard
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VTI1D2 - BENGKEL PEMOGRAMAN I
  • VTI1K2 - BENGKEL PEMOGRAMAN II
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini