AUTOMATIC FISH FEEDER BERBASIS ESP32 PADA AUTONOMOUS BOAT GUNA MENDUKUNG PENELITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM

ANGEL BLESS TANIA

Informasi Dasar

22.06.210
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pemenuhan kebutuhan masyarakat harus diimbangi dengan kebutuhan dasar manusia. Salah satu kebutuhan pokok yang terus berkembang adalah bagian sektor budidaya perikanan. Dengan meningkatnya permintaan dari industri perikanan, diharapkan produktivitas juga meningkat. Untuk meningkatkan produktivitas, hal yang menjadi pendukung adalah sistem pemberian pakan. Sistem yang masih diterapkan oleh manusia masih menggunakan teknik handfeeding di mana masih menggunakan tenaga manusia.

Pada Proyek Akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi Automatic Fish Feeder pada Autonomous Boat. Sistem Automatic Fish Feeder memudahkan memberi pakan ikan karena kapal akan bergerak untuk mendistribusikan pakan. Alat pemberi pakan otomatis menggunakan sensor load cell untuk menentukan nilai berat pakan yang akan diberikan pada kolam. Real Time Clock (RTC) sebagai pengatur penjadwalan pemberian pakan ikan. Motor servo dan motor DC untuk mendukung sistem pengeluaran pakan ikan.

Hasil dari perancangan sistem Automatic Fish Feeder pada Autonomous Boat dapat diimplementasikan pada kolam ikan. Sistem dapat bekerja secara otomatis dengan menyediakan pakan ikan pada pagi dan sore hari sesuai dengan jadwal. Posisi titik pemberian pakan ditentukan oleh kapal leader dari tim Laboratorium INACOS. Pakan yang dapat diberikan dalam 1x pemberian adalah 300 gr. Namum Automatic Fish Feeder dapat membawa hingga 2,5 kg/hari. Nilai berat pakan ikan yang diinginkan sesuai dengan hasil sinyal keluaran pada sensor load cell. Automatic Fish Feeder menggunakan kapal merupakan teknologi yang memudahkan pembudidaya ikan dalam pemberian pakan ikan.

 

Kata    Kunci:    Pembudidaya   ikan,    Automatic    Fish    Feeder,    Autonomous   Boat, Handfeeding.

Subjek

MICROCONTROLLER
AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING,

Katalog

AUTOMATIC FISH FEEDER BERBASIS ESP32 PADA AUTONOMOUS BOAT GUNA MENDUKUNG PENELITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGEL BLESS TANIA
Perorangan
Denny Darlis, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PE2293 - ELEKTRONIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini