AUTOMATIC FISH FEEDER BERBASIS RASPBERRY ZERO W PADA AUTONOMOUS BOAT GUNA MENDUKUNG PENILITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM

GEOFANY ARMAYA

Informasi Dasar

22.06.212
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

        Budidaya perikanan menjadi penting untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan. Dengan peningkatan permintaan ikan, berat ikan tergantung pada nutrisi pakan yang diberikan. Pada umumnya pembudidaya ikan mempertimbangkan masalah pemberian pakan. Pemenuhan konsumsi pakan ikan merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan budidaya. Salah satu faktor yang mempengaruhi budidaya ikan adalah pemberian pakan. Pada saat ini sistem pemberian pakan secara umum masih berorientasi pada sumber daya manusia yang sifatnya masih manual atau masih menggunakan teknik hand feeding, dimana teknik tersebut dinilai kurang efektif [1].
        Pada Proyek Akhir ini dilakukan perancangan sistem automatic fish feeder pada autonomous boat untuk budidaya ikan serta pembuatan alat untuk mengontrol dan memudahkan dalam menebarkan pakan ikan yang diimplementasikan pada kolam ikan. Sistem automatic fish feeder ini bekerja secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan menggnakan RTC, menggunakan sensor load cell untuk mengontrol nilai berat pakan ikan yang telah ditentukan dan ditebarkan pada kolam ikan. Mikrokontroler yang digunakan pada alat ini adalah Raspberry zero w, motor servo dan motor DC untuk mendukung sistem pengeluaran pakan.
       Hasil perancangan sistem automatic fish feeder yang terintegrasi pada autonomous boat, sebuah teknologi untuk memudahkan pembudidaya ikan dalam penebaran pakan ikan dan diimplementasikan ke kolam ikan. Sistem dapat bekerja memberikan pakan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan diwaktu pagi dan sore, dan mengontrol nilai berat pakan yang ditebarkan ke kolam ikan. Adapun titik penebaran pakan ikan ditentukan oleh kapal leader dari tim INACOS, dan pakan ikan ditebarkan secara bertahap dengan berat pakan 300 gr setiap sekali pemberian pakan ikan. Namum, automatic fish feeder dapat membawa hingga 2,5 kg/hari.

Kata Kunci: Pembudidaya ikan, Hand Feeding, Automatic Fish Feeder, Autonomous Boat, RTC, Sensor Load Cell, Motor Servo, Motor DC.

Subjek

MICROCOMPUTERS
AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING,

Katalog

AUTOMATIC FISH FEEDER BERBASIS RASPBERRY ZERO W PADA AUTONOMOUS BOAT GUNA MENDUKUNG PENILITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GEOFANY ARMAYA
Perorangan
Denny Darlis, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PE2293 - ELEKTRONIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini