Pengaruh Gangguan Adaptor Terhadap Besarnya Redaman Pada Telkom Akses Witel Kupang (Studi Kasus Telkom Akses Witel Kupang)

KAPRISIUS MARIO LUKAS PERA DOBE

Informasi Dasar

22.06.226
621.382 75
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Jaringan FTTH tidak lepas dari suatu perangkat yang bernama ODP (Optical Distribution Point. Pada ODP ini juga ada perangkat adaptor atau connector yang berfungsi sebagai penghubung dua kabel fiber. Tapi sayangnya pada perangkat ini sering terdapat beberapa gangguan yang menyebabkan besarnya redaman sehingga perlu adanya pergantian adaptor secara berkala atau perbersihan pada komponen adaptor ini. Proyek Akhir ini akan dilakukan pengukuran dan analisis pengaruh gangguan adaptor terhadap besarnya redaman pada Telkom Akses Witel Kupang. Metode yang dibuat dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan alat ukur OPM dan tanya jawab pada para teknisi lapangan. Pengukuran akan diambil menggunakan alat ukur yang bernama Optical Power Meter (OPM) agar dapat diketahui selisih redaman tiap kali dilakukan pengambilan data pada ODP. Untuk gangguan yang akan saya lihat dan saya buat disini adalah air, panas matahari, dan juga debu. Hasil penelitian ini adalah pengaruh yang paling memberi dampak paling besar terhadap kenaikan redaman adalah pengaruh debu. Yang paling tidak memberi pengaruh kepada kenaikan redaman adalah pengaruh air. Kemudian juga pengaruh panas tetap memberikan efek kenaikan redaman tetapi lebih kecil dari debu dan lebih besar daripada air. Selain itu juga komponen ODP ini diharapkan agar selalu tertutup sehingga dapat meminimalisir pengaruh-pengaruh yang saya sebutkan diatas.

Subjek

COMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

Pengaruh Gangguan Adaptor Terhadap Besarnya Redaman Pada Telkom Akses Witel Kupang (Studi Kasus Telkom Akses Witel Kupang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAPRISIUS MARIO LUKAS PERA DOBE
Perorangan
Dwi Andi Nurmantris, Edo Prabolaksana Aganinggar
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2M3 - SISTEM KOMUNIKASI SELULER
  • DTG3G3 - TEKNIK TRANSMISI SELULER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini