ANALISIS PERFORMANSI PEMILIHAN JALUR ROUTING MENGGUNAKAN AODV PADA PEMODELAN ALGORITMA SPECTRUM LEASING DI JARINGAN COGNITIVE RADIO

DELIA SEPTIANA

Informasi Dasar

22.04.2950
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jaringan cognitive radio (CR) merupakan teknologi yang memungkinkan secondary user (SU) yang tidak berlisensi untuk mengakses kanal milik primary user (PU) yang telah terlisensi. Cognitive radio terbagi menjadi dua model yaitudistributed dan centralized model.Tantangan dari pengimplementasian cognitive radio adalah penentuan rute dengan quality of service (QoS) yang paling baik sehingga digunakan beberapa algoritma untuk mendapatkan rute yang diinginkan. Salah satu algortima yang dapat dilakukan untuk pemilihan rute pada jaringan cognitive radio adalah spectrum leasing (SL). Spectrum leasing merupakan salah satu algoritma yang termasuk dalam centralized model pada jaringan cognitive radio. Spectrum leasing memungkinkan secondary user untuk mengakses kanal kosong milik primary user dengan waktu yang telah pasti ditentukan. Pada tugas akhir ini akan dilakukan pengujian dan pemodelan algoritma spectrum leasing pada protocol routing AODV dengan konsep jaringan cognitive radio. Pengujian dilakukan dengan melakukan simulasi pemilihan rute pada pemodelan menggunakan aplikasi NS 2.35 dan Matlab dan melakukan pembandingan hasil simulasi dari keduanya. Pengujian ini menghasilkan pilihan rute terbaik untuk pemodelan jaringan cognitive radio dengan algoritma spectrum leasing.

Proses pengujian dilakukan dengan berbagai parameter dan kondisi yaitu jarak antar PU, pengujian throughput pada kondisi propagasi yang berbeda dan jumlah PU yang berbeda, serta pengujian throughput, delay dan PDR pada masing- masing rute. Hasil pengujian throughput menggunakan NS 2.35 pada masing- masing rute selama 20 detik menunukkan angka tertinggi pada rute k2 dan k3 sebesar 760,61 kbps dan throughput tertinggi pada simulasi Matlab pada rute k3 sebesar 796,8 kbps, nilai PDR tertinggi ditunjukkan oleh rute k2 dan k3 sebesar 100% ,dan end-to-end delay terendah pada rute k3 dengan nilai 30,603 ms, maka pilihan rute yang paling baik untuk dipakai dalam pemodelan adalah rute k3.

Hasil perbandingan saat menggunakan propagasi Two Ray Ground menunjukkan kestabilan throughput pada simulasi dan perhitungan. Dari analisis performansi yang didapatkan, pemodelan algoritma SL pada jaringan CR dapat dijadikan pilihan rute alternatif untuk komunikasi saat darurat.

Kata kunci: Cognitive Radio, Spectrum leasing, NS 2.35, Matlab, AODV

Subjek

NETWORK COMMUNICATION
NETWORK MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI PEMILIHAN JALUR ROUTING MENGGUNAKAN AODV PADA PEMODELAN ALGORITMA SPECTRUM LEASING DI JARINGAN COGNITIVE RADIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELIA SEPTIANA
Perorangan
Istikmal, Sri Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4C3 - SOFTWARE DEFINED NETWORK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini