RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI PENGUJIAN KENDARAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS DINAS PERHUBUNGAN KOTA JAKARTA)

YOGA ASPRIYANTO

Informasi Dasar

22.04.2962
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Perhubungan DKI Jakarta merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berfungsi dalam pelayanan masyarakat urusan perhubungan. Salah satu fungsi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta yaitu pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor angkutan umum dan barang, serta pemeriksaan mutu karoseri kendaraan bermotor. Dalam proses pelayanannya, pengemudi terkendala pada pencarian informasi alur pengujian kendaraan. Sehingga Dinas Perhubungan DKI Jakarta membutuhkan media interaktif berbasis Augmented Reality sebagai fitur aplikasi. Adapun metode pengujian yang digunakan penulis yaitu Multimedia Development Life Cylcle (MDLC). Metode testing menggunakan Black Box Testing, dan Likert Methods. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah siklus pengembangan produk multimedia dimulai dengan analisis produk, pengembangan produk, dan tahap peluncuran. Metode Black Box Testing merupakan teknik pengujian perangkat lunak yang berfokus pada spesifikasi fungsionalitas dari perangkat lunak. Sementara itu, Likert Methods merupakan merupakan skala penelitian yang digunakan untuk mengukur pendapat dari responden. Pengujian Likert dilakukan menggunakan media kertas berisikan pertanyaan yang di isi oleh Responden. Penggujian menggunakan Likert mendapatkan 25 Responden dengan rincian 10 karyawan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan 15 pemilik kendaraan bermotor. Hasil dari pengujian beta aplikasi menunjukan bahwa aplikasi informasi pengujian kendaraan masuk dalam kategori Sangat Layak dengan persentase 89,14%

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Informasi, Kendaraan Bermotor, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

 

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI PENGUJIAN KENDARAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS DINAS PERHUBUNGAN KOTA JAKARTA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGA ASPRIYANTO
Perorangan
Aprianti Putri Sujana, Rikman Aherliwan Rudawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VEI4E6 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini