APLIKASI WEB UNTUK PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PRODUK BERDASARKAN METODE JOB ORDER COSTING (STUDI KASUS: UMKM PURI UTAMI, Bandung)

TAKRIMIA HANIFATU AFIFAH

Informasi Dasar

22.06.311
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Puri Utami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri fashion dengan produk unggulannya yaitu mukena lukis yang dibuat secara handmade dan diproduksi terbatas. Dalam proses produksi dan perhitungan biaya-biaya yang dikeluarkan, Puri Utami masih menghitung berdasarkan Job Order Costing dengan keseluruhan biaya yang dikeluarkan dari bahan baku utama tanpa mempertimbangkan bahan-bahan dan kompenen pembantu lainnya. Bahan-bahan dan kompenen lainnya yaitu seperti biaya bahan penolong dan biaya overhead yang dibutuhkan selama proses produksi berlangsung. Pada kenyataannya, perhitungan biaya produksi yang terjadi di Puri Utami tidak mempertimbangkan biaya bahan-bahan ataupun komponen lain, sehingga biaya produksi tidak sesuai dengan perhitungan yang sudah dihitung. Akibat perhitungan biaya produksi yang tidak sesuai tersebut menyebabkan harga pokok yang tinggi dan akan mempengaruhi harga saing produk dan juga berpengaruh terhadap laba perusahaan. Dari permasalahan tersebut, maka perhitungan biaya produksi pada Puri Utami harus dicatat dan dihitung dengan baik dan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk yang tepat dan dapat menentukan harga pokok produk berdasar target costing yang diinginkan dan sesuai sehingga dapat bersaing dengan kompetitor secara maksimal. Oleh karena itu, maka dibuatlah aplikasi berbasis website untuk mencatat biaya-biaya produksi, menentukan biaya produksi, menentukan target costing, menghasilkan laporan biaya produksi, harga pokok produksi, jurnal dan buku besar. Aplikasi ini dibangun menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Implementasi yang diterapkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapakan.

Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Bahan Baku, Biaya Overhead, Target Costing, Job Order Costing, Entity Relationship Diagram.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI WEB UNTUK PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PRODUK BERDASARKAN METODE JOB ORDER COSTING (STUDI KASUS: UMKM PURI UTAMI, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAKRIMIA HANIFATU AFIFAH
Perorangan
Tora Fahrudin, Nelsi Wisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DAH1E3 - AKUNTANSI BIAYA
  • VAI2H3 - PEMROGRAMAN WEB BERBASIS FRAMEWORK
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini