PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PERPUTARAN MODAL KERJA, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

SYIFA NABILAH PUTRI

Informasi Dasar

22.04.2981
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan jumlah perusahaan sub sektor transportasi terus meningkat karena memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan didorong oleh peran besar transportasi dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, kinerja perusahaan sub sektor transportasi dinilai kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan. Profitabilitas perusahaan merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pendanaan, ukuran perusahaan, perputaran modal kerja, corporate governance yang diproksikan dengan ukuran dewan direksi dan ukuran komite audit, dan profitabilitas. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh keputusan pendanaan, ukuran perusahaan, perputaran modal kerja, ukuran dewan direksi, dan ukuran komite audit terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020.

Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Sampel yang digunakan merupakan hasil purposive sampling dan berjumlah 90 sampel dari 18 perusahaan dengan kurun waktu penelitian 5 tahun, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi data panel menggunakan bantuan software Eviews 10 dan melewati beberapa tahap pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keputusan pendanaan, ukuran perusahaan, perputaran modal kerja, ukuran dewan direksi, dan ukuran komite audit berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial, keputusan pendanaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Sedangkan, ukuran perusahaan, perputaran modal kerja, ukuran dewan direksi, dan ukuran komite audit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi profitabilitas dan meneliti kembali variabel yang tidak mendukung hipotesis penelitian, serta menambah periode penelitian. Perusahaan diharapkan memperhatikan kebijakan keputusan pendanaan yang dapat mempengaruhi profitabilitas. Serta, investor dan kreditor disarankan untuk memperhatikan kinerja keuangan perusahaan sebelum membuat keputusan.

 

Kata Kunci: corporate governance, keputusan pendanaan, perputaran modal kerja, profitabilitas, ukuran perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PERPUTARAN MODAL KERJA, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA NABILAH PUTRI
Perorangan
Majidah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini