PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2020)

NADYA PRAMESWARI SUSETYO

Informasi Dasar

22.04.2983
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja keuangan perusahaan menjadi sasaran penting perusahaan agar dapat meningkatkan nilai perusahaan termasuk pada lembaga perbankan. Kinerja keuangan perbankan merupakan bagian dari kinerja bank secara keseluruhan. Kinerja bank merupakan prestasi yang digambarkan oleh pencapaian dalam kegiatan operasionalnya, baik menyangkut aspek keuangan, pemasaran, penghimpunan dan penyaluran dana, teknologi, maupun sumber daya manusia. Kinerja keuangan perbankan bisa dilihat dari bagaimana bank mengelola aset yang dimiliki dalam menghasilkan/meningkatkan laba bagi bank. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dewan direksi, komite remunerasi, dan komite pemantau risiko secara simultan terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan tolak ukut ROA (Return On Assets) pada perusahaan perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diperoleh sebanyak 4 sampel perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report dan laporan keuangan perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan software EViews 10.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Good Corporate Governance yang diproksikan dengan dewan direksi, komite remunerasi, dan komite pemantau risiko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan komite remunerasi dan komite pemantau risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

 

Kata Kunci: Dewan Direksi, Komite Pemantau Risiko, Komite Remunerasi, Return On Asset (ROA).

Subjek

ACCOUNTING
CORPORATE GOVERNANCE.,

Katalog

PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA PRAMESWARI SUSETYO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini