PENGARUH BOARD DIVERSITY DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) NonKeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

REKHA FAKHRIYAH PEBRIYANTI

Informasi Dasar

22.04.2984
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas laba adalah kemampuan laba dalam menggambarkan keadaan sesungguhnya dari laba perusahaan, mampu mengestimasi laba di masa yang akan datang, dan sebagai peninjauan saat melakukan pengambilan keputusan. Kualitas laba yang baik dan bisa dipercaya akan mendorong investor dan kreditor untuk berinvestasi pada perusahaan. Kualitas laba perusahaan dapat dikatakan baik jika melaporkan atau menerbitkan laba sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas laba yaitu board diversity (keberadaan direksi wanita, keberagaman usia dewan direksi, latar belakang pendidikan anggota dewan direksi, proporsi dewan komisaris independen) dan kualitas audit

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keberadaan direksi wanita, keberagaman usia dewan direksi, latar belakang pendidikan anggota dewan direksi, proporsi dewan komisaris independen dan kualitas audit terhadap kualitas laba pada perusahaan BUMN non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 baik secara simultan maupun parsial.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Perusahaan BUMN nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 menjadi populasi dalam penelitian ini. Terdapat 16 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian melalui metode sampling purposive. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Pada penelitian ini, analisis regresi data panel digunakan sebagai metode analisis data dan menggunakan software eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan direksi wanita, keberagaman usia dewan direksi, latar belakang pendidikan anggota dewan direksi, proporsi dewan komisaris independen dan kualitas audit berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laba. Secara parsial, latar belakang pendidikan direksi dan kualitas audit berpengaruh terhadap kualitas laba, sedangkan keberadaan direksi wanita, keberagaman usia dewan direksi dan proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

Bersumber pada hasil penelitian, peneliti berharap agar penelitian menjadi rujukan yang baik dan dapat diteliti kembali menggunakan variabel independen lain yang bisa menjelaskan kualitas laba dan diteliti kembali dengan rentang waktu terbaru. Bagi perusahaan disarankan dapat memperhatikan latar belakang pendidikan direksi dan kualitas audit yaitu yang berafiliasi dengan KAP The Big Four karena hal tersebut dapat mempengaruhi laba yang berkualitas.

Kata Kunci: Board Diversity, Direksi Wanita, Kualitas Audit, Kualitas Laba, Latar Belakang Pendidikan Direksi, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Usia Direksi.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH BOARD DIVERSITY DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) NonKeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REKHA FAKHRIYAH PEBRIYANTI
Perorangan
DUDI PRATOMO, TRI UTAMI LESTARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH3C3 - AUDITING I
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • EAI393 - THEORY AND RESEARCH METHODOLOGY IN ACCOUNTING AND FINANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini