Pengaruh Intellectual Capital dan Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

WAFA HADIYA SABILA

Informasi Dasar

22.04.2993
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas merupakan cerminan dari kinerja perusahaan, dengan kinerja yang baik perusahaan akan mendapatkan nilai profitabilitas yang maksimal. Profitabilitas suatu perusahaan dinilai optimal jika perusahaan dapat menggunakan aktiva secara produktif. Profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan dengan menggunakan Return On Asset (ROA).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), structural capital value added (STVA), dan good corporate governance (GCG) terhadap profitabilitas pada bank umum konvensional yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 secara simultan dan parsial.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini perusahaan bank umum konvensional yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 33 bank umum konvensional dalam kurun waktu 5 tahun dan memperoleh 165 sampel yang diobservasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel.

Berdasarkan hasil penelitian, value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), structural capital value added (STVA), dan good corporate governance (GCG) secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial, value added capital employed (VACA) dan value added human capital (VAHU) berpengaruh positif terhadap profitabilitas, structural capital value added (STVA) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, dan good corporate governance (GCG) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas.

Berdasarkan hasil tersebut, bagi perusahaan disarankan agar memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan, yaitu dengan meningkatkan nilai value added capital employed, value added human capital, dan menurunkan nilai good corporate goverenance guna mendapatkan profitabilitas yang maksimal. Bagi investor, disarankan sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi agar memperhatikan nilai value added capital employed dan value added human capital yang tinggi dan peringkat good corporate goverenance yang rendah.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Profitabilitas, Value Added Capital Employed, Value Added Human Capital, Structural Capital Value Added.

Subjek

ACCOUNTING
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital dan Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAFA HADIYA SABILA
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini