PENGARUH MEDIA EXPOSURE, KONEKSI POLITIK, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2020)

PUTRI ASTARI ANGRAINI

Informasi Dasar

22.04.3002
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu kewajiban yang dilaksanakan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan sekitar tempat perusahaan dijalankan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari media exposure, koneksi politik, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh yaitu 126 perusahaan dengan periode tiga tahun dan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media exposure, koneksi politik, dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa media exposure memiliki pengaruh signifikan kearah positif, sedangkan koneksi politik dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel yang tidak terdapat di dalam penelitian dan menambahkan periode penelitian agar dapat melihat perkembangan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam jangka panjang. Bagi perusahaan agar lebih memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai aturan GRI G4, dan bagi investor agar memilih perusahaan yang melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan investasi.

Kata Kunci: Koneksi Politik, Media Exposure, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
INCOME MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH MEDIA EXPOSURE, KONEKSI POLITIK, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI ASTARI ANGRAINI
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini