PENGARUH GENDER DIVERSITY, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

ANDREA RHEGINA PUTRI

Informasi Dasar

22.04.3006
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan intellectual capital merupakan informasi tambahan yang disajikan perusahaan yang mencakup human capital, structural capital, dan relational capital untuk mengurangi asimetri informasi dan menggunakan indikator intellectual capital. Informasi yang tercatat dalam pengungkapan intellectual capital adalah pengelolaan aset tak berwujud dan sekaligus menciptakan value added bagi perusahaan atas pengungkapan intellectual capital yang disajikan oleh perusahaan. Namun pengungkapan intellectual capital perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020 memiliki nilai rata-rata 68,94% dan kenaikan yang cukup rendah sebesar 1,57% dalam kurun waktu empat tahun.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh gender diversity, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan intellectual capital secara simultan dan parsial. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh 120 sampel yang terdiri dari 30 perusahaan. Regresi data panel merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengolahan data menggunakan Eviews 12 SV. Fixed effect model terpilih setelah melakukan pengujian pemilihan model data panel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender diversity, profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan intellectual capital dengan nilai probabilitas 0,000000. Secara parsial variabel leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan intellectual capital dengan nilai probabilitas 0,0466, sedangkan variabel gender diversity dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Kata kunci: Gender Diversity, Profitabilitas, Leverage, Pengungkapan Intellectual Capital

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
INTELLECTUAL CAPITAL,

Katalog

PENGARUH GENDER DIVERSITY, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDREA RHEGINA PUTRI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini