PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sub sektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)

RAFIF SUBANA AQDUN BILQOLBI

Informasi Dasar

22.04.3008
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan laporan yang menyajikan data terstruktur mengenai informasi keuangan suatu perusahaan yang memuat kinerja perusahaan dan posisi keuangan serta perubahannya dalam periode waktu tertentu. laporan keuangan yang berintegritas merupakan laporan keuangan yang menampilkan kondisi sebenarnya dari suatu perusahaan tanpa ada yang disembunyikan. Perusahaan subsektor transportasi memiliki prospek bisnis yang relatif bagus dan menjanjikan dikarenakan transportasi merupakan kebutuhan penting dalam menjalankan kegiatan sehari-hari baik darat, laut, dan udara. Sektor transportasi juga merupakan elemen penting dalam pengembangan konektivitas nasional serta pengembangan di sektor ini dapat memberikan multiplier effects ke berbagai sektor yang bisa berkontribusi dalam pembangunan  nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, leverage, dan intellectual capital terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dan diperoleh 36 data sampel. Analisis statistik deskriptif dan analisis data panel digunakan sebagai teknik analisis pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kepemilikan manajerial, leverage, dan intellectual capital berpengaruh secara simultan terhadap integritas laporan keuagan. Kepemilikan manajerial dan leverage berpengaruh secara positif terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Sedangakn intellectual capital tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020.

 

Kata Kunci: Integritas Laporan Keuangan, Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Intellectual Capital

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sub sektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFIF SUBANA AQDUN BILQOLBI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini