PENGARUH JENIS INDUSTRI, DUALITAS CEO, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Pada Perusahaan Indeks Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020)

SYIFA DENALI KAIRINNISA

Informasi Dasar

22.04.3021
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

     Pengungkapan modal intelektual adalah penyampaian informasi mengenai modal intelektual yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pemegang kepentingan. Pengungkapan modal intelektual merupakan bentuk dari transparansi informasi dan untuk mengurangi asimetri informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis industri, dualitas CEO, konsentrasi kepemilikan, dan profitbilitas terhadap pengungkapan modal intelektual.

     Implementasi modal intelektual mulai diterapkan sejak terbitnya PSAK No. 19 yang mengatur tentang aktiva tidak berwujud atau intangible asset. Namun pada peraturan ini PSAK tidak menjelaskan ketentuan pengungkapan untuk pengukuran dan pengakuan aktiva tidak berwujud sehingga dapat disimpulkan PSAK menyarankan perusahaan untuk mengungkapkan aktiva tidak berwujud yang dimiliki dan pengungkapan modal intelektual bersifat sukarela

     Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan aplikasi Eviews12. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam indeks Kompas100 pada Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh sebanyak 204 sampel. Namun, terdapat 17 data outlier sehingga data yang digunakan menjadi 187 sampel.

     Hasil penelitian secara simultan jenis industri, dualitas CEO, konsentrasi kepemilikan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Secara parsial, jenis industri berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Sedangkan dualitas CEO dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan modal intelektual. Konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual.

     Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi mengenai luas pengungkapan modal intelektual yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji variabel inpenden lainnya yang berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual.

 

Kata Kunci: Dualitas CEO, Jenis Industri, Konsentrasi Kepemilikan, Pengungkapan Modal Intelektual, Profitabilitas.

 

 

 

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH JENIS INDUSTRI, DUALITAS CEO, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Pada Perusahaan Indeks Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA DENALI KAIRINNISA
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI2S3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • EAI353 - CORPORATE FINANCIAL MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini