Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Financial Statement Fraud (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Anggota Indeks SRI-KEHATI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

SALMAA UMMU KULTSUM

Informasi Dasar

22.04.3033
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan adalah dokumen yang berisi informasi yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan dan cerminan keadaan perusahaan yang sesungguhnya. Sehingga, membuat manajemen berusaha menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan perusahaan dalam keadaan sehat. Namun, kinerja manajemen terkadang tidak sebaik yang diharapkan. Hal tersebut mendorong manajemen untuk melakukan kecurangan laporan keuangan. tindakan kecurangan tersebut disebut sebagai fraud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pressure, opportunity, rationalization, dan capability terhadap financial statement fraud pada perusahaan anggota indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan anggota indeks SRI-KEHATI yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 70 sampel perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Common Effect Model terpilih setelah melakukan pengujian pemilihan model data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel pressure, opportunity, rationalization, dan capability berpengaruh terhadap financial statement fraud. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa financial stability (ACHANGE), financial target (ROA), external pressure (LEVERAGE) berpengaruh secara positif terhadap financial statement fraud. Sedangkan, Nature of industry (RECEIVABLE) berpengaruh secara negatif terhadap financial statement fraud. Variabel ineffective monitoring (BDOUT), change in auditor (AUDCHANGE), dan change in director (DCHANGE) tidak berpengaruh terhadap financial statement fraud. Saran pada penelitian ini adalah diharapkan pada peneliti selanjutnya untuk menambah dan memperluas variabel penelitian pada financial statement fraud dan juga untuk menggunakan periode penelitian terbaru agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih relevan. Mengganti objek penelitian agar bisa menjadi perbandingan. Kata kunci: Fraud Diamond dan Kecurangan Laporan Keuangan

Subjek

FRAUD
FINANCIAL STATEMENT,

Katalog

Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Financial Statement Fraud (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Anggota Indeks SRI-KEHATI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALMAA UMMU KULTSUM
Perorangan
Dedik Nur Triyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini