PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

I PUTU DIVA ARIMBAWA PUTRA

Informasi Dasar

22.04.3034
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Integritas laporan keuangan merupakan laporan keuangan yang menguraikan data keuangan secara benar dan jujur serta tidak memihak pihak manapun. Data keuangan yang disajikan sesuai dengan keadaan perusahaan yang sebenar-benarnya tanpa terdapat hal-hal yang ditutup-tutupi maupun dirahasiakan. Oleh karena itu, diharapkan laporan keuangan mempunyai integritas dan memiliki peran penting dalam mengambil keputusan bagi penggunanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, leverage, dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini didapat dari laporan keuangan perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020.

Metode yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah purposive sampling dan dihasilkan 32 sampel yang diobservasi selama lima tahun sehingga mendapatkan 160 yang diobservasi. Dalam menganalisis data penelitian, teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan  software Eviews 12.

Hasil dari penelitian ini menginformasikan bahwa variabel indepeden yaitu intellectual capital, leverage, dan kualitas audit secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Selanjutnya variabel intellectual capital secara parsial berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan, sedangkan variabel leverage dan kualitas audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

Kata Kunci: integritas laporan keuangan, intellectual capital, leverage, kualitas audit.

Subjek

AUDITING
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I PUTU DIVA ARIMBAWA PUTRA
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini