PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AKSESIBILITAS, DAN KOMITMEN MANAJEMEN TERHADAP TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung Tahun 2021)

SYILVIA TRESNAWATI

Informasi Dasar

22.04.3039
657.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transparansi merupakan keterbukaan pemerintah atas informasi keuangan kepada masyarakat dan pihak legislatif. Agar terciptanya laporan keuangan yang transparan, hal yang harus dipatuhi yaitu penyajian laporan keuangan sudah mengikuti Standar Akuntansi Pemerintahan, kemudahan akses untuk laporan keuangan, dan komitmen tinggi kepada pekerjaan dan entitas tempat ia bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan, aksesibilitas, dan komitmen manajemen berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap transparansi laporan keuangan pemerintah daerah pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung tahun 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala dan sub bagian keuangan di SKPD Kota Bandung. Teknik penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jumlah 112 orang. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan, aksesibilitas, dan komitmen manajemen berpengaruh secara simultan terhadap transparansi laporan keuangan pemda. Secara parsial, penyajian laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap transparansi laporan keuangan pemda. Sedangkan aksesibilitas dan komitmen manajemen berpengaruh positif terhadap transparansi laporan keuangan pemda. Bagi SKPD Kota Bandung diharapkan dapat mempertahankan penyajian laporan keuangan yang disusun secara lengkap.

 

Kata Kunci: Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas, Komitmen Manajemen, dan Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
LAPORAN KEUANGAN,

Katalog

PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AKSESIBILITAS, DAN KOMITMEN MANAJEMEN TERHADAP TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung Tahun 2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYILVIA TRESNAWATI
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3B3 - AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini