Pengaruh Likuiditas, Rasio Aktivitas, CEO POWER dan Economic freedom Terhadap Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Diperingkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia tahun 2016-2020)

PASCALINA SINDI NARESWARI

Informasi Dasar

22.04.3041
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peringkat obligasi merupakan indikator penilaian lembaga pemeringkat terhadap kinerja relatif emiten berbasis kontrak dalam memenuhi kewajiban kontraktualnya. Peringkat obligasi menggambarkan prospek keandalan dan kelangsungan hidup obligasi yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi. Variabel yang diteliti berupa rasio likuiditas yang diproyeksikan dengan current ratio, rasio aktivitas yang diproyeksikan dengan total asset turn over, CEO Power yang diproyeksikan dengan CEO Pay Slice dan economic freedom yang diproyeksikan dengan tingkat pengangguran terhadap Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Diperingkat PT Pemeringkat Efek Indonesia 2016-2020). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Indonesia Bond Market Directory dan diperingkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia tahun 2016 – 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 7 perusahaan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Indonesia Bond Market Directory dan dinilai oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama lima tahun sehingga diperoleh 35 sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan SPSS 25. Temuan penelitian ini secara parsial rasio aktivitas berpengaruh negatif signifikan terhadap peringkat obligasi, sedangkan rasio likuiditas, CEO Power dan economic freedom tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Namun secara simultan menunjukkan bahwa rasio likuiditas, rasio aktivitas, CEO Power dan economic freedom terhadap peringkat obligasi berpengaruh signifikan. Saran bagi penulis selanjutnya, untuk menambahkan variabel yang berbeda dan diduga berpengaruh seperti profitabilitas, ukuran perusahaan, tingkat inflasi, tingkat suku bunga, atau indikator lainnya yang dapat digunakan untuk meneliti pengaruh peringkat obligasi dan untuk manajemen perusahaan agar memperhatikan total aset perusahaan.
 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
ACCOUNTING,

Katalog

Pengaruh Likuiditas, Rasio Aktivitas, CEO POWER dan Economic freedom Terhadap Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Diperingkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PASCALINA SINDI NARESWARI
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini