PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, BOARD DIVERSITY DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Selama Rentang Tahun 2018 -2021)

HANNAH JOEVANTY

Informasi Dasar

22.04.3043
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan mengelola Intellectual Capital secara optimal. Pengelolaan Intellectual Capital sangat penting bagi perusahaan karena akan memengaruhi keberlangsungan usaha perusahaan dalam menjalankan kinerja, strategi maupun pengambilan keputusan yang akan berdampak pada nilai perusahaan. Board Diversity atau keberagaman direksi diduga akan memberikan dampak positif karena akan memberikan berbagai cara dalam pengambilan keputusan demi keberlangsungan perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan dapat tercapai apabila ada kerjasama antara manajemen perusahaan dengan pihak lain yang meliputi shareholder maupun stockholder dalam membuat keputusan-keputusan keuangan dengan tujuan memaksimalkan modal kerja yang dimiliki. Kepemilikan manajerial adalah adanya kepemilikan saham oleh pihak manajemen. Selain menjadi pengelola perusahaan manajemen juga berperan dalam pengambilan keputusan untuk menjalankan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan juga parsial oleh Intellectual capital, Board Diversity dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Tobins’Q.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan Initial Publik Offering di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2021 yaitu sebanyak 216 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapat sebanyak 53 perusahaan. Terdapat 13 data outlier, sehingga data observasi dalam penelitian ini sebanyak 40 selama 4 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi Eviews 12.0

Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan, Intellectual Capital, Board Diversity dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Board Diversity berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Intellectual Capital dan Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Secara simultan variabel Intellectual Capital, Board gender diversity,board study diversity dan kepemilikan manajerial berpengaruh sebesar 20.66% dan sisanya 79.44% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Board gender diversity memiliki pengaruh signifikan positif dan board study diversity memiliki pengaruh signifikan negatif kepada Nilai perusahaan. Sedangkan intellectual capital dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan

Kata Kunci : Board Diversity, Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan, Tobins’Q

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, BOARD DIVERSITY DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Selama Rentang Tahun 2018 -2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANNAH JOEVANTY
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
 
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini