Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Spesialisasi Industri Auditor dan Profitabilitas Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020)

DEWI UMMU ANNISA

Informasi Dasar

22.04.3047
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan informasi yang memuat posisi serta kinerja keuangan suatu perusahaan yang dapat dijadikan bahan untuk pengambilan keputusan bagi para penggunanya, sehingga informasi dalam laporan keuangan harus tersaji secara relevan dan reliable atau dengan kata lain, yaitu berintegritas. Namun, kasus kecurangan pada laporan keuangan masih sering terjadi, sehingga menunjukkan buruknya integritas laporan keuangan pada suatu perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan belum menyajikan laporan keuangan yang relevan dan reliable.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, komisaris independen, spesialisasi industri auditor, dan profitabilitas terhadap integritas laporan keuangan pada sub sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017 – 2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalam kurun waktu observasi empat tahun terdapat sebanyak 48 sampel data. Setelah dilakukan outlier, jumlah data sampel menjadi 41. Metode yang digunakan adalah analisis regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kepemilikan manajerial, komisaris independen, spesialisasi industri auditor, dan profitabilitas berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Secara parsial kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan, profitabilitas berpengaruh negatif terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan komisaris independen dan spesialisasi industri auditor tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

 

Kata Kunci: Integritas laporan keuangan, kepemilikan manajerial, komisaris independen, profitabilitas, dan spesialisasi industri auditor.

Subjek

ACCOUNTING
LAPORAN KEUANGAN,

Katalog

Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Spesialisasi Industri Auditor dan Profitabilitas Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI UMMU ANNISA
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini