PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN CASH HOLDING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2017 – 2021)

HANI WIDIANINGRUM

Informasi Dasar

22.04.3050
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan kemakmuran para pemegang saham yang dibuktikan dengan peningkatan nilai perusahaan. Nilai perusahaan adalah harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli ketika perusahaan menjual sahamnya, sehingga nilai perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan yang tinggi mencerminkan keberhasilan manajemen sehingga perusahaan mendapatkan kepercayaan para pemegang saham.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional (KI), kebijakan hutang (DER), pertumbuhan perusahaan (TAG), dan cash holding (CASH) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh 17 perusahaan, namun terdapat data outlier sehingga sampel menjadi 14 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga menjadi 57 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kebijakan hutang, pertumbuhan perusahaan, dan cash holding secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kebijakan hutang berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan institusional, pertumbuhan perusahaan, dan cash holding tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan untuk dapat mengelola hutang yang dimiliki dengan baik agar menarik pihak investor untuk berinvestasi sehingga nilai perusahaan meningkat.

Kata Kunci: Cash Holding, Kebijakan Hutang, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN CASH HOLDING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2017 – 2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANI WIDIANINGRUM
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini