PENGARUH DANA DESA, ALOKASI DANA DESA, DAN BAGI HASIL PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA DESA (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan Bawang Tahun 2018-2020)

SINTA NOFIANA SAPUTRI

Informasi Dasar

22.04.3055
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Belanja Desa adalah semua pengeluaran yang merupakan kewajiban Desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak akan diterima kembali oleh Desa. Dalam proses mewujudkan pengembangan potensi dan pembangunan, maka pemerintah desa perlu meningkatkan anggaran Belanja Desanya. Dari pengamatan yang dilakukan melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang, terlihat bahwa adanya fenomena pada beberapa Desa di Kecamatan Bawang yang mengalami penurunan Belanja Desa di Kecamatan Bawang. Hal tersebut menjadikan Belanja Desa di Kecamatan Bawang mengalami penurunan pada tahun 2018-2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana desa, alokasi dana desa, dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah terhadap belanja desa, studi kasus pada Desa di Kecamatan Bawang tahun 2018-2020 baik secara simultan maupun parsial.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Desa di Kecamatan Bawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dan total data obervasi yang digunakan adalah 60 data, yang terdiri dari 20 Desa dengan periode waktu selama tiga tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang diolah adalah data sekunder yang bersumber dari website resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel dana desa, alokasi dana desa, dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah berpengaruh terhadap belanja desa. Sedangkan secara parsial, menunjukkan bahwa dana desa berpengaruh terhadap belanja desa, sedangkan alokasi dana desa dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah tidak berpengaruh terhadap belanja desa.

Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahun tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Belanja Desa, selain itu penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan masukan serta bahan evaluasi terkait penilaian maupun kebijakan kedepannya terhadap Belanja Desa pada Desa di Kecamatan Bawang.

 

Kata Kunci: Alokasi Dana Desa, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, Belanja Desa, Dana Desa

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH DANA DESA, ALOKASI DANA DESA, DAN BAGI HASIL PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA DESA (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan Bawang Tahun 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SINTA NOFIANA SAPUTRI
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3B3 - AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini