PENGARUH ASSURANCE REPORT, TEKANAN STAKEHOLDER DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

MUHAMMAD VISAR SINATRYA

Informasi Dasar

22.04.3057
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sustainability report adalah laporan yang disampaikan kepada stakeholder perusahaan untuk melaporkan dampak aktivitas perusahaan terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Perusahaan diharapkan untuk menyampaikan informasi yang berkualitas dan bermutu untuk menunjukkan tanggung jawab perusahaan dan dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, faktanya masih banyak perusahaan yang belum menyampaikan informasi ke dalam sustainability report dengan baik dan berkualitas, khususnya pada perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020.
Pada penelitian ini, variabel independen terdiri dari assurance report, tekanan stakeholder, dan umur perusahaan. Sedangkan, variabel dependen pada penelitian ini yaitu kualitas sustaianability report. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh assurance report, tekanan stakeholder, dan umur perusahaan terhadap kualitas sustainability report pada perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di BEI tahun 2018-2020.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Berdasarkan teknik dan kriteria pengambilan sampel, diperoleh 11 perusahaan dengan periode pengamatan selama tiga tahun. Oleh karena itu, total observasi berjumlah 33 data dari perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di BEI tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan model regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12 SV.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan assurance report, tekanan stakeholder, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap kualitas sustainability report pada perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di BEI tahun 2018-2020. Selain itu, secara parsial umur perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kualitas sustainability report, dan tekanan karyawan sebagai stakeholder berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kualitas sustainability report. Sementara assurance report dan tekanan pemegang saham sebagai stakeholder tidak berpengaruh terhadap kualitas sustainability report pada perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di BEI tahun 2018-2020.
Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi perusahaan diharapkan untuk meningkatkan kualitas sustainability report yang sesuai dengan GRI Standards. Bagi investor diharapkan untuk menjadikan sustainability report sebagai salah satu pertimbangan dalam berinvestasi. Selain itu, stakeholder juga diharapkan untuk memerhatikan kualitas informasi yang disampaikan oleh perusahaan ke dalam sustainability report untuk menilai keberlanjutan perusahaan tersebut.
Kata Kunci: Assurance Report, Kualitas Sustainability Report, Tekanan Stakeholder, Umur Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH ASSURANCE REPORT, TEKANAN STAKEHOLDER DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD VISAR SINATRYA
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini