Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

HANI NUR AINI

Informasi Dasar

22.04.3063
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 Kinerja keuangan perusahaan diharapkan dapat menemukan kelemahan dan kekuatan dengan menggunakan informasi yang tersaji dalam laporan keuangan sehingga penilaian hasil atas aktivitas perusahaan dalam menghasilkan laba penting untuk berbagai pihak yang berkepentingan seperti investor atau internal perusahaan dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian ini variabel dependen yang digunakan adalah kinerja keuangan diproksikan dengan ROA dan variabel independen yang digunakan adalah intellectual capital, ukuran perusahaan dan leverage. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 69 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2017-2020 sehingga diperoleh 276 data. Namun, terdapat 18 data outlier yang mengganggu, sehingga data penelitian yang digunakan sebanyak 258 data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan intellectual capital, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Secara parsial intellectual capital berpengaruh positif dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan objek dan periode penelitian terbaru serta indikator pengukuran kinerja keuangan yang berbeda terutama yang diproksikan dengan ROA. Untuk perusahaan diharapkan dapat memberikan evaluasi internal dalam mengoptimalkan efisiensi penggunaan aktiva, memaksimalkan pengelolaan modal intelektual, dan menyeimbangkan penggunaan utang dalam meningkatkan kinerja keuangan.

 

Kata Kunci: Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Leverage, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
INTELLECTUAL CAPITAL,

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANI NUR AINI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini