PENGARUH DEBT EQUITY RATIO DAN RETURN ON ASSET TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN 7-DAY RATE REPO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2020)

RANGGA WISHNU WARDHANA

Informasi Dasar

22.04.3064
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Harga saham adalah cerminan ekspektasi investor terhadap earning, dividen, dan tingkat bunga yang akan terjadi. Estimasi investor terhadap ketiga variabel tersebut dapat menentukan harga saham yang sesuai, kemudian harga saham yang sudah terbentuk akan merefleksikan ekspektasi investor terhadap kondsi ekonomi dimasa yang akan datang.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Debt to Equity Ratio dan Return on Asset terhadap harga saham dengan 7 Day Rate Repo sebagai variabel moderasi. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan penelitian deskriptif dan metode kuantitatif.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dan moderate regression analysis. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan sampel adalah purposive sampling dan total sampel sebanyak 9 sampel perusahaan.

Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio dan Return on Asset berpengaruh terhadap harga saham dengan 7 Day Rate Repo sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio dan Return on Asset berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 setelah dimoderasi oleh 7 Day Rate Repo sebagai variabel moderasi.

Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan menambah populasi atau menggunakan objek penelitian yang berbeda. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan suatu masukan atau informasi dalam pengambilan keputusan manajemen keuangan tentang harga saham dan menjadi pertimbangan bagi investor dalam pengambilan keputusan berinvestasi.

 

Kata Kunci: DER, Harga Saham, ROA, 7 Day Rate Repo

 

Subjek

INVESTMENT
DEBT MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH DEBT EQUITY RATIO DAN RETURN ON ASSET TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN 7-DAY RATE REPO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2020)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANGGA WISHNU WARDHANA
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3I3 - INVESTASI
  • EAI3103 - INVESTMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini