PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, INSTITUTIONAL OWNERSHIP DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DI PERUSAHAAN KELUARGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Indeks Saham LQ45 Periode 2017-2020)

FEBIANANDA TASYA WARDANI

Informasi Dasar

22.04.3066
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen adalah alokasi pendanaan perusahaan dan besarnya dividen kas yang akan dibayarkan kepada pemegang saham. Perusahaan yang termasuk kedalam indeks saham LQ45 berarti dipercaya investor dalam mengevaluasi tingkat likuiditas dan kapitalisasi pasar perusahaan dan keluarga memiliki hak kontrol untuk mengendalikan kebijakan perusahaan

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu pertumbuhan perusahaan, leverage, institutional ownership, board independence, dan board size terhadap variabel dependen yaitu kebijakan dividen pada perusahaan keluarga yang tergolong indeks saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2020.

Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi data panel. Teknik purposive random sampling yang digunakan menghasilkan sampel sebanyak 32 dari 8 perusahaan keluarga yang tergolong indeks saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2020.

Hasil regresi data panel menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan perusahaan, leverage, institutional ownership, board independence, dan board size berpengaruh secara simultan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan, secara parsial pertumbuhan perusahaan dan board size berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen, dan leverage berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen. Variabel lainnya institutional ownership menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen, sedangkan board independence menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen.

 

Kata Kunci: institutional ownership, kebijakan dividen, leverage, pertumbuhan perusahaan, tata kelola perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
FINANCIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, INSTITUTIONAL OWNERSHIP DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DI PERUSAHAAN KELUARGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Indeks Saham LQ45 Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBIANANDA TASYA WARDANI
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini