Pengaruh Intellectual Capital Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

CAMELIA AINI

Informasi Dasar

22.04.3068
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai Modern Economic Growth, pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu proses pertumbuhan output perkapita dalam jangka panjang, adanya teknologi dan informasi yang semakin canggih mengakibatkan majunya pertumbuhan ekonomi, dalam hal ini subsektor perbankan adalah subsektor yang memiliki peran penting dalam menjaga kestabilitasan perekonomian suatu negara, untuk itu pentingnya meningkatkan kinerja keuangan dalam perbankan. Penelitian ini memiliki dua variabel yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan, yaitu intellectual capital dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek penelitian ini adalah perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di BEI. Periode dalam penelitian ini yaitu tahun 2017-2020. Dalam penelitian, kinerja keuangan diproksikan dengan Return On Assets (ROA) dimana dilihat dari hasil pembagian laba tahun berjalan dan total aset perusahaan, jika semakin tinggi hasilnya maka semakin baik kinerja keuangan perusahaan tersebut. Sedangkan intellectual capital diproksikan dengan rumus VAIC dan ukuran perusahaan diproksikan dengan rumus Ln Total Aset. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 33 perusahaan. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh sampel 132. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, intellectual capital dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan pada perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di BEI. Secara parsial, intellectual capital berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Dari hasil penelitian ini, peneliti berharap agar penelitian ini menjadi acuan dalam perusahaan. Selain itu, peneliti berharap agar penelitian ini dapat diabstraksikan lagi ke arah yang lebih luas.

Kata kunci: kinerja keuangan, intellectual capital, dan ukuran perusahaan

 

Subjek

ACCOUNTING
INTELLECTUAL CAPITAL-MANAGEMENT,

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAMELIA AINI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini