THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING TOWARDS CONSUMER PURCHASE INTENTION WITH CONSUMER ENGAGEMENT AS MEDIATING VARIABLE (STUDY CASE ON THE PAPANDAYAN HOTEL CONSUMERS)

RADEN ALMERAZ FAZAREYNO RENALDI WIRAKUSUMAH

Informasi Dasar

22.04.3074
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, sektor pariwisata Bandung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sektor pariwisata yang mengalami penurunan meliputi beberapa ruang seperti transportasi, jasa perjalanan, penginapan, dan rekreasi. Jumlah pengguna media sosial terus meningkat dan bertambah. Pada April 2019, jumlah pengguna media sosial mencapai 3,5 miliar di dunia, termasuk pengguna Instagram dengan total 802 juta pengguna aktif. Pengguna Instagram terus meningkat setiap tahunnya, terutama pengguna dari usia 17 tahun ke atas. Media sosial khususnya Instagram juga dimanfaatkan oleh sektor bisnis, termasuk sektor pariwisata. Banyak hotel berlomba-lomba untuk menarik konsumen dengan membuat konten yang menarik di Instagram, termasuk The Papandayan Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan keterikatan konsumen terhadap niat beli konsumen di The Papandayan Hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Forms kepada 400 responden Indonesia yang mengetahui dan mengikuti akun Instagram The Papandayan Hotel. Untuk menguji model penelitian, analisis deskriptif digunakan dalam penelitian untuk menggambarkan data dengan menggambarkan data yang telah diperoleh apa adanya tanpa bertujuan untuk menggeneralisasi atau membuat kesimpulan. Structural Equation Modeling (SEM), adalah teknik analisis multivariat generasi yang menggabungkan analisis faktor dan analisis jalur, memungkinkan peneliti untuk menguji dan memperkirakan interkoneksi antara beberapa variabel eksogen dan endogen dengan banyak indikator secara bersamaan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Social Media Marketing, Consumer Engagement, dan Consumer Purchase Intentions berada pada kategori baik. Pada hasil hipotesis diperoleh hasil bahwa variabel Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap Consumer Engagement, kemudian Consumer Engagement berpengaruh signifikan terhadap Consumer Purchase Intention. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan wawasan kepada peneliti lain, serta perusahaan mengenai Pengaruh Pemasaran Jejaring Sosial terhadap Niat Beli Konsumen melalui Keterikatan Konsumen. Penulis menyarankan perusahaan dapat meningkatkan strategi pemasaran jejaring sosial menggunakan postingan interaktif pada akun jejaring media sosial Instagram mereka. Dengan itu, konsumen dapat jadi lebih interaktif dan meningkatkan niat beli terhadap Hotel Papandayan.

Kata Kunci: Pemasaran Jejaring Sosial, Keterikatan Konsumen, Niat Beli Konsumen, Pemodelan Persamaan Struktural, SmartPLS

Subjek

SOCIAL MEDIA-MARKETING
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING TOWARDS CONSUMER PURCHASE INTENTION WITH CONSUMER ENGAGEMENT AS MEDIATING VARIABLE (STUDY CASE ON THE PAPANDAYAN HOTEL CONSUMERS)
 
 
Inggris

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADEN ALMERAZ FAZAREYNO RENALDI WIRAKUSUMAH
Perorangan
Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 International ICT Business
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini