ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PERBANKAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) DI INDONESIA

MUHAMMAD NAUVAL RABBANI

Informasi Dasar

22.04.3082
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbankan merupakan lembaga yang dapat membantu perekonomian di suatu negara agar taraf hidup masyarakat dapat lebih baik. Namun, pada tahun awal 2020 terjadi kejadian diluar dugaan yaitu pandemi COVID-19 sehingga dapat mempengaruhi ekonomi dan mempengaruhi kinerja bank itu sendiri. Kinerja suatu bank dapat diukur dari rasio keuangan yang tercantum didalam laporan keuangan masing-masing perusahaan. Rasio keuangan dapat memonitor sudah sejauh mana kinerja dari suatu perusahaan, dalam penelitian ini yaitu perusahaan perbankan. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan adanya pandemi COVID-19 akan berdampak terhadap Non Performing Loan (NPL) 4 perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan melihat faktor-faktor seperti Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO). Pada penelitian ini menggunakan event study. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan data sekunder dari laporan triwulan dari masing-masing perusahaan. Data yang digunakan adalah nilai NPL, CAR, LDR, dan BOPO periode 5 triwulan masa sebelum dan masa pandemi COVID-19. Sampel diambil menggunakan metode sampling totalData dianalisis menggunakan uji beda, uji asumsi klasik dan regresi linear berganda.

Hasil uji beda yaitu terdapat perbedaan NPL pada masa sebelum dengan masa pandemi COVID-19. Hasil uji t masa sebelum pandemi COVID-19, CAR berpengaruh signifikan positif terhadap NPLLDR tidak berpengaruh terhadap NPL, dan BOPO tidak berpengaruh terhadap NPL. Hasil uji t masa pandemi COVID-19, CAR tidak berpengaruh terhadap NPLLDR berpengaruh signifikan positif terhadap NPL, dan BOPO tidak berpengaruh terhadap NPL. Pada saat uji f, CAR, LDR, dan BOPO masa sebelum dan masa pandemi COVID-19 berpengaruh secara simultan terhadap NPL. Berdasarkan hasil uji faktor tersebut, terdapat perbedaan pengaruh antara masa sebelum dengan masa pandemi COVID-19 yaitu variabel CAR yang berpengaruh terhadap NPL pada masa sebelum pandemi COVID-19, sedangkan pada masa pandemi COVID-19 variabel LDR yang berpengaruh terhadap NPL.

Subjek

BANK
PERBANKAN,

Katalog

ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PERBANKAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NAUVAL RABBANI
Perorangan
Dadan Rahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM331072 - BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN
  • EBI2D4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini