Analisis Faktor Penerimaan dan Potensi Pasar Digital Wallet pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Bengkulu

ADILLA MEITRI RAMA

Informasi Dasar

22.04.3085
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Revolusi digital 4.0 telah menjadikan seluruh aspek industri berkaitan dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi mendorong Negara memasuki era new digital economy khususnya di sektor keuangan yang dikenal dengan financial technology (fintech). Salah satu produk fintech adala digital wallet, layanan uang elektronik dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penerimaan dan potensi pasar digital wallet oleh mahasiswa di kota Bengkulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model UTAUT2, dengan variabel independen yaitu performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), social influence (SI), facilitating condition (FC), hedonic motivation (HM), price value (PV), habit (HA), dan variabel dependen yaitu behavioral intention (BI) dan use behavior (UB).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa perguruan tinggi kota Bengkulu, dengan sampel penelitian yang berjumlah 400 orang. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9.

Penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh variabel independen performance expectancy (PE), price value (PV), dan habit (HA) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen behavioral intention (BI), sedangkan variabel effort expectancy (EE), social influence (SI), facilitating condition (FC), dan hedonic motivation (HM) tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention (BI), serta variabel behavioral intention (BI) berpengaruh signifikan terhadap use behavior (UB).

Pada penelitian ini diperoleh jumlah potensi pasar dari penggunaan digital wallet pada kalangan mahasiswa perguruan tinggi kota Bengkulu. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemerintah kota Bengkulu dan perusahaan digital wallet untuk meningkatkan tingkat potensi pasar digital wallet dengan mengoptimalkan fungsi dari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaannya.


Kata kunci : digital wallet, utaut2, potensi pasar
 

Subjek

FINANCE
ANALYSIS,

Katalog

Analisis Faktor Penerimaan dan Potensi Pasar Digital Wallet pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Bengkulu
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADILLA MEITRI RAMA
Perorangan
Dadan Rahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini