Hubungan Antara Return, Volatilitas, dan Volume Bitcoin dengan Menggunakan Asymmetric GARCH Modeling

CAREL DWINUGRAHADI KURNAMAN

Informasi Dasar

22.04.3093
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada tahun 2020-2021 dimana dunia mengalami pandemi Covid-19, harga Bitcoin meningkat dan terjadi lonjakan harga yang cukup tinggi pada saat pergantian tahun 2020-2021 dan sempat menyentuh all time high (ATH) pada akhir tahun 2021. Bitcoin merupakan salah satu mata uang crypto yang bersifat fluktuatif bila dibandingkan dengan nilai tukar mata uang yang biasa digunakan secara luas. Selain itu, pergerakan harga Bitcoin sulit untuk diprediksi.

Sampel yang digunakan adalah mata uang Euro, Poundsterling, Yuan, Yen, Rubel, Franc, dan Bitcoin. Data yang digunakan berupa data harga Bitcoin dan beberapa mata uang tersebut pada tahun 2020-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara volatilitas dengan volume perdagangan Bitcoin, return dengan volume perdagangan Bitcoin, dan return dengan volatilitas Bitcoin dengan tujuan peramalan. Metode penelitian yang digunakan adalah uji stasioneritas Augmented Dickey-Fuller (ADF), lalu menggunakan uji ARMA model, setelah itu menggunakan model EGARCH untuk mencari hubungan tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volatilitas dan volume perdagangan Bitcoin terdapat hubungan positif. Sama seperti return dan volume perdagangan Bitcoin terdapat hubungan positif. Namun, return dan volatilitas Bitcoin terdapat hubungan negatif.

Kata kunci: Volatilitas, Volume, Return, Bitcoin, Cryptocurrencies, GARCH

Subjek

INVESTMENT
INVESTMENT ANALYSIS,

Katalog

Hubungan Antara Return, Volatilitas, dan Volume Bitcoin dengan Menggunakan Asymmetric GARCH Modeling
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAREL DWINUGRAHADI KURNAMAN
Perorangan
Nora Amelda Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM523034 - INVESTASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini